899 Views
oleh

Kadis LHK Berikan Piagam Penghargaan Trophy Progam PROKLIM Dan Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tangerang

TANGERANG II Bratapos. com-Dalam rangka Program Adiwiyata dan Program Proklim Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan mempunyai pengertian atau makna : tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya,kesejahteraan hidup kita menuju cita- cita pembangunan berkelanjutan.

Hal ini Menjadi dasar pada Penyerahan Piagam Penghargaan Program Proklim serta Program Adiwiyata di Aula SMPN1 Curug, Kabupaten Curug. Yang dihadiri oleh Kadis DLHK. Drs.H Ahmad Taufik, Kepala Desa di Enam Kecamatan yang mendapati piagam penghargaan Proklim di lingkungannya masing masing, serta para Kepala Sekolah Menengah Lanjutan Pertama (SMP) se Kabupaten Tangerang. Rabu (16/11/2022)

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan/Kadis DLHK. Drs. H Ahmad Taufik, mengatakan bahwa program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK

” Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif,” ucapnya.

Lanjutnya, bahwa tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma – norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Curug Kabupaten Tangerang menjelaskan bahwa pihaknya bukan sebagai penyelengara,tetapi hanya ketempatan saja, untuk acara penyerahan penghargaan Program Adiwiyata dan Program Proklim di Sekolahnya.

” Kami bersama dewan guru mendukung sekali dengan bangga dan berterimakasih pada Pemkab Tangerang dimana kita ini hanya ketempatan saja tempatnya, jadi bukan sebagai penyelenggara, dimana pihak DLHK sebagai penyelenggara acara ini,” Tutur Juanda M.Pd pada awak media.

Reporter : Suhartini
Edit/Publis : Soleh