162 Views
oleh

Proyek Plengsengan PT. Pesona Sakti, Baru 1 Bulan Ambrol

Tuban || bratapos com – maraknya proyek tak sesuai prosedur dan pengerjaan proyek yang terkesan serampangan di lakukan oleh sebagian kontraktor di bumi wali Tuban.

Salah satunya pada proyek di Dukuh Bangilan, Kecamatan Bangilan, Tuban.
plengsengan yang dikerjakan oleh PT. Pesona Sakti baru selesai sekitar 1 bulan namun sudah banyak yang retak retak dan di beberapa titik ada yang sudah ambrol.
Hal ini sangat membahayakan pemukiman warga yang tinggal tak jauh dari lokasi terjadinya pengerjaan proyek Plengsengan.

Berbekal informasi dari masyarakat kemudian awak media bratapos adakan investigasi di lokasi proyek, Rabu (09/11/2022), terlihat tebing plengsengan masih menganga mengancam rumah rumah warga di dekatnya, plengsengan yang terbuat dari semen cor dan batu itu ambrol sekitar lebar 4 M kedalaman sekitar 5 m.

Awak media bratapos pun bertanya pada pekerja proyek tentang keberadaan mandor pelaksana, pekerja tersebut mengatakan,
“Mandornya tidak ada di tempat mas, saya hanya pekerja dan tidak tahu menahu tentang papan informasi. Kalau saya yang ngomong takut salah mas, nanti klarifikasi langsung sama mandornya aja mas,” Ujarnya sambil memberikan nomor ponselnya mandor tersebut.

Kemudian awak media mencoba menghubungi mandor atau pelaksana untuk meminta klarifikasi melalui chat via WhatsApp, mandor tersebut menjawab,
“Maaf mas saya sedang di lapangan dan masih sibuk,” Jawabnya singkat.

Proyek plengsengan yang dikerjakan PT. Pesona Sakti Di Dukuh Bangilan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban yang ambrol setelah 1 bulan selesai

Di tempat yang sama kemudian awak media bratapos mewawancarai dengan warga yang enggan di sebutkan namanya. Kepada awak media warga mengatakan,
“Proyek itu sebenarnya kurang layak mas, masa baru selesai sekitar 1 bulan Bronjong/plengsengan sudah ambrol, ada dugaan material proyek seperti semen dan lain lain banyak di kurangi mas sehingga bangunan tak sesuai spesifikasi sehingga waktu hujan turun di gerus air sedikit saja sudah longsor,” Keluh warga.

Ia menambahkan terdapat desas desus bahwa pekerja proyeknya banyak yang lari sebab gaji yang sering molor sampai berminggu Minggu, dan lokasi proyek sendiri tak di lengkapi papan informasi.

Selanjutnya awak media bratapos merapat ke kantor UPTD kecamatan Bangilan guna klarifikasi tentang plengsengan ambrol yang di keluhkan warga, dan ketemu dengan pegawai UPTD Tanto. Kepada awak media Tanto mengatakan,
“PT Pesona Sakti itu tergolong bandel mas, sudah beberapa kali di ingatkan oleh pihak UPTD tentang papan informasi tetapi tidak pernah menggubris dan seakan mengabaikan perintah dari dinas UPTD kecamatan Bangilan,” pungkasnya kepada awak media bratapos.

Dan di lain waktu awak media bratapos minta klarifikasi terkait pengerjaan proyek plengsengan kepada Kanang, bagian pelaksana yang menangani K3. Kami menghubungi melalui pesan via WhatsApp dan ia tidak memberikan jawaban meskipun kelihatan online, dan seakan akan mengabaikan awak media yang meminta klarifikasi terkait proyek plengsengan ambrol tersebut.
(bersambung Red)

Reporter : Brend, Bayu
Editor : AS