126 Views
oleh

Peresmian Koramil 0117 – 09 Banda Mulia 0117 Aceh Tamiang HUT di aula Makodim 0117

Aceh Tamiang || Bratapos.com – Pelaksaan Pada hari Kamis tanggal 10 Nopember 2022 sekira jam 12. 30 wib telah berlangsung kegiatan Peresmian Koramil 0117-09/Banda Mulia Kodim 0117/Atam yang dipimpin oleh Danrem 011/LW Kol Inf Bayu Permana bertempat di Aula Makodim 0117/Atam Jln. Lintas Medan B. Aceh Ds. Sungai Liput Kec. Kejuruan Muda Kab. Aceh Tamiang yang dihadiri -+ 80 Orang, turut dihadiri diantaranya :

Danrem 011/LW Kol Inf Bayu Permana.
Bupati Kab. Atam H. Mursil, SH, M. Kn.
Dandim 0117/Atam Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, SIP, M. Si.
Kapolres Atam AKBP Imam Aspali, SH, SIK.
Kasi Ren Korem 011/LW Mayor Inf Dobby Nofianto, S.
Kasdim 0117/Atam Mayor Inf Irfan Adi Wibowo.
Paku Korem 011/LW Mayor Cku Tri Wibowo.
Kapenrem 011/LW Kapten Inf Ronny Mahendra.
Kajari Atam Agung Ardianto, SH, SIK.
Kaban Kesbangpol Kab. Atam Devita Agusliana, S. STP, M. Si.
Kadis PUPR Kab. Atam Edi Mofizal.
Ketua MPU Kab. Atam Syahrizal, S. Pd.
Dansub POM IM 1-6/Atam Kapten Cpm Ahmadi.
Para Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0117/Atam.
Camat Banda Mulia Rusni Devi Ariyanti Manulang S.STP.
Para Pengurus dan Anggota Persit Cab. XXIV Kodim 0117/Atam.
Al Ustadz Kec. Banda Mulia Tgk Zalani.
Kader Partai Aceh (PA) Tgk. Helmi.

Adapun susunan tertib acara sebagai berikut
Pembukaan.
Laporan Perwira Upacara.
Pembacaan surat keputusan Kasad. Kata sambutan Bupati Kab. Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn menyampaikan :

Penghormatan kepada seluruh Forkopimda (Ketua DPRK Aceh Tamiang, Dandim 0117/Aceh Tamiang, Kapolres Aceh Tamiang, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dalam rangka kegiatan Peresmian/ Pembukaan Koramil Banda Mulia di Wilayah Kodim 0117/Aceh Tamiang Tahun 2022.

Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengucapkan selamat atas diresmikannya Koramil Banda Mulia di Wilayah Kodim 0117/Aceh Tamiang Tahun 2022, sebagai kekuatan dan mitra bagi Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kampung, guna mendukung program pemerintah, sehingga akselerasi pembangunan berkelanjutan yang ada di Kecamatan Banda Mulia ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kecamatan Banda Mulia adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Bendahara yang terdiri dari 2 Kemukiman dengan jumlah Kampung 10 sebelumnya Kecamatan Banda Mulia ini hanya memiliki Posramil. Alhamdulilah pada hari ini, Kecamatan Banda Mulia telah memiliki Koramil sendiri, Keberadaan koramil memang sangat diharapkan khususnya bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Banda Mulia dengan terbentuknya koramil maka sangat membantu pemerintah kecamatan dan masyarakat untuk menjaga kedaulatan wilayah artinya pemerintah harus menggunakan sumberdaya yang ada untuk mengamankan wilayahnya.
Koramil adalah satuan teritorial TNI Angkatan Darat yang berada di tingkat Kecamatan yang berhubungan langsung dengan pejabat dan masyarakat sipil, Koramil berada di bawah kendali Komando Distrik Militer, Koramil bertugas menyelenggarakan binter dalam rangka mendukung tugas pokok Kodim dengan demikian Koramil menyelenggarakan binter (pembinaan teritorial) di wilayah melalui berbagai macam kegiatan, diantaranya melaksanakan pembinaaan kesadaran berbangsa dan bernegara melalui pemahaman yang mendalam tentang tatanan nilai-nilai kebangsaan, serta pembinaan kesadaran bela negara dan cinta tanah air melalui pemahaman yang mendalam tentang sejarah dan jati diri bangsa Indonesia, jiwa semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam membela negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Harapan Kami, kiranya kehadiran Koramil di Kecamatan banda Mulia ini, dapat memberikan manfaat yang begitu besar bagi masyarakat, dapat saling mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kampung dalam menumbuhkan stabilitas keamanan dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Banda mulia, sehingga menambah rasa cinta kepada TNI dan Negara yang senantiasa akan mengawal NKRI sampai kapanpun, ucapan terimakasih kami kepada Kodim 0117/Aceh Tamiang beserta segenap jajaran yang telah berupaya dan berjuang sehingga Koramil Banda Mulia di Wilayah Kodim 0117/Aceh Tamiang ini, dapat diresmikan.
Sekali lagi kami ucapkan selamat atas Peresmian Koramil Banda Mulia di Wilayah Kodim 0117/Aceh Tamiang Tahun 2022, Semoga apa yang telah kita upayakan pada hari ini, menjadi amal jariyah kita di Yaumil Akhir nanti.

Kata sambutan Danrem 011/LW a.n. Kol Inf Bayu Permana dilanjutkan dengan pernyataan Peresmian menyampaikan :

Penghormatan kepada Bupati Kab. Aceh Tamiang, Dandim 0117/Atam, Kapolres Atam dsn seluruh unsur Forkopimda Kab. Aceh Tamiang dimana ada hari ini kita dapat mengikuti acara peresmian Koramil 09/Banda Mulia DIM 0117/Atam Korem 011/LW Kodam IM dalam keadaan sehat wal’afiat.

Terbentuknya Koramil 09/Banda Mulia Dim 0117/Atam tentunya tidak terlepas dari kontribusi, kerja keras dan kerjasama dari berbagai pihak, selaku Komandan Korem 011/LW, saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak sehingga seluruh proses perencanaan, persiapan, dan pembangunan Koramil 09/Banda Mulia DIM 0117/Atam Korem 011/LW Kodam IM ini dapat terselenggara dengan baik sesuai dengan harapan.

Pada tataran Operasional, tugas pokok Komando kewilayahan adalah mewujudkan pertahanan wilayah, sedangkan tugas pokok pemerintah daerah adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang implementasinya, pembangunan didaerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat yang membutuhkan kondisi aman dan tentram.

Perwujudan kondisi aman dan tentram tersebut merupakan tugas dari Komando kewilayahan bersama-sama dengan Polri dan aparat pemerintahan yang lain, serta masyarakat. Dalam hal ini, Komando Kewilayahan dan pemerintah daerah adalah mitra dalam pengabdian, yang saling mendukung dan saling melengkapi satu sama lain.
Berangkat dari pertimbangan dan pemahaman tersebut, Korem 011/LW secara terus menerus menata organisasi di jajarannya dan salah satu diantaranya adalah pembentukan Koramil 09/Banda Mulia untuk menjawab tantangan yang akan dihadapi khususnya di wilayah Kodim 0117/Atam. Keputusan ini sudah sesuai dengan kebijakan pimpinan TNI AD tentang gelar kekuatan TNI AD yang menjadi bagian dari rencana pembangunan postur TNI AD.

Dengan kodisi tersebut tentu dibutuhkan peran Komando kewilayahan yang efektif untuk melakukan penanganan masalah pertahanan dengan pendekatan yang lebih komprehensif dan integratif. Hal inilah yang mendasari pentingnya pembentukan Koramil 09/Banda Mulia Kodim 0117/Atam.
Secara geografis wilayah ini sangat bervariasi meliputi daerah sungai, pertanian, dan Perkebunan. Kondisi geografis tersebut tentunya juga berdampak pada kompleksitas permasalahan sosial yang terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, sehingga menuntut penanganan yang efektif dan efisien. Dengan pembentukan Koramil 09/Banda Mulia Kodim 0117/Atam, maka rentang dan fokus Komando dan Pengendalian Korem 011/LW dalam membantu mengatasi persoalan- persoalan sosial yang terjadi di Wilayah ini bisa lebih efektif dan efisien.

Untuk mengantisipasi kompleksitas ancaman dan tantangan tugas dan dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif bagi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Aceh Tamiang, maka pasca pembentukannya, Koramil 09/Banda Mulia harus segera menyiapkan diri agar dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik.

Secara internal, alih Komando Koramil-Koramil yang sebelumnya harus segera dituntaskan dan dilanjutkan dengan menyempurnakan pembinaan satuan, khususnya terkait dengan pembinaan personel yang harus segera dipenuhi.
Secara eksternal, sebagai Komando kewilayahan Koramil 09/Banda Mulia Kodim 0117/Atam harus segera melaksanakan pembinaan teritorial untuk mendapatkan pengenalan wilayah yang lebih dalam terkait geografi, demografi dan kondisi sosial yang ada, guna menyampaikan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi penyelenggaraan pertahanan negara.

Sebagai satuan yang baru saja dibentuk Koramil 09/Banda Mulia Kodim 0117/Atam tentunya akan membutuhkan banyak sekali dukungan dan arahan dari seluruh komponen setempat dalam melaksanakan tugas pokok sebagai Komando kewilayahan. Saya yakin dengan dukungan dan arahan tersebut Koramil 09/Banda Mulia Kodim 0117/Atam menjadi suatu kebanggaan masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang. Demikian amanat saya pada acara ini dan dengan ini saya resmikan Koramil 09/Banda Mulia Kodim 0117/Atam Korem 011/LW Kodam IM 011/LW.

Kegiatan Peresmian Makoramil 09/Banda Mulia Kodim 0117/Atam selesai pada jam 13. 45 WIB dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Koramil yang baru yang diresmikan hari ini merupakan peningkatan status dari Pos Ramil menjadi Koramil sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial sekaligus memudahkan para Babinsa menjalankan tugas membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan dan kesulitan yang dihadapi di Kecamatan.

Writer: JonEditor: Dimas