372 Views
oleh

Oknum Kepala Desa Menilo Merangkap Jadi Bos Tambang Galian C

Tuban || bratapos.com – Maraknya tambang galian C di wilayah desa menilo kecamatan Soko kabupaten Tuban yang meresahkan masyarakat. Pasalnya selain Medan jalan menjadi sempit, lalu lalangnya truk dump pengangkut hasil tambang mengakibatkan terbentuknya lobang-lobang yang bisa membahayakan pengguna jalan.

Lokasi tambang yang dulu di penuh i lahan produktif dan pohon hijay untuk menyerap air kini berubah menjadi tambang galian yang sangat merusak kondisi alam.

Kabat terbaru, ada oknum kepala desa menilo kecamatan Soko kabupaten Tuban sebut saja MS mempunyai bisnis sampingan menjadi bos tambang galian C.

Sengan dalih izin resmi, tambang ini dapat dengan leluasa mengeruk hasil alam, demi keuntungan pribadi, tanpa memikirkan ekosistem alam dan dampak longsor serta banjir bandang jika musim penghujan tiba. Karean lokasi tambang galian C ini di atas perbukitan dan dekat dengan pemukiman warga.

Berbekal informasi dari warga setempat, awak media bratapos.com lakukan investigasi, Sabtu (01/10/2022). Sesampainya di lokasi tambang kami bertemu dengan pengusaha tambang MS, yang juga menjabat sebagai kepala Desa menilo Kecamatan Soko kabupaten Tuban.

Awak mediapun di suguh i pemandangan berjejer jirigen jirigen yang berisi  BBM subsidi jenis solar sebagai alat operasional alat berat (Bego). Di saat masyarakat dan pengguna jalan kesulitan mendapatkan BBM jenis solar bersubsidi, tambang ini justru dengan bebas mendapatkan BBM bersubsidi.

Jirigen berisi BBM Jenis Solar Yang digunakan untuk operasional Truk pengangkut hasil tambang

kepada awak media MS  mengatakan,
“tambang ini baru buka mas baru 2 hari beroprasi soalnnya baru libur lama dan masih sepi maksimal 64 truk dump perhari, dan tambang saya ini resmi mas punya izin, ada legalitasnya. Dan saya sudah izin di dinas terkait lha apabila ada masyarakat yang protes ya itu hal yang wajar mas,dan saya juga bekerjasama dengan media Jtv dan Sakti tv mas, saya buka tambang galian C tidak sekali 2 kali mas, jadi paham Lika liku soal tambang galian C,” Ungkap MS

Sementara itu, di tempat terpisah warga yang enggan di sebutkan namanya mengatakan,
“sebenere warga di sini keberatan mas terkait tambang galian C di tengah Medan jalan yang sempit banyak truck dump lalu lalang, dan banyak berlobang di tambah kalau musim kemarau seperti saat ini debunya luar biasa kalau musim penghujan becek dan licin bisa membahayakan pengguna jalan mas,” Keluh Warga.

Dengan adanya hal ini pemerintah perlu menindak tegas bagi tambang ini, karena meskipun dengan dalih telah berizin bukan berarti mereka dapat dengan seenaknya merusak alam sekitar tambang, dan tidak memperdulikan keadaan warga yang tinggal di sekitar tambang.

(bersambung red)

Reporter : Brend
Editor : AS