184 Views
oleh

Matematika Asyik dengan Alat Peraga

Wiwiet Widyastuty, penulis artikel Matematika Asyik dengan Alat Peraga (foto: istimewa)

GROBOGAN || Bratapos.com – Keberhasilan dalam pembelajaran adalah hal yang sangat penting. Keberhasilan tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Keberhasilan seorang guru dalam memahamkan konsep matematika kepada siswanya tidak terlepas dari peran alat peraga. Ada bermacam-macam alat peraga yang beredar di pasaran mulai alat peraga yang digunakan secara fisik mapun elektronik. Namun alangkah baiknya jika guru juga mampu merancang alat peraga sendiri disesuaikan dengan tujuan yang akan disampaikannya.

Banyak orang menganggap bahwa belajar matematika itu begitu sulit sehingga sebagian orang beranggapan belajar matematika adalah ilmu yang sulit untuk dipelajari. Sebenarnya tidak seperti itu, mari kita bersama-sama mencari penyebab yang membuat matematika menjadi sulit.

“Kesulitan dalam belajar pada khususnya belajar matematika bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah kurangnya penggunaan alat peraga sebagai media belajar. “Menurut Wijaya dan Rusyan 1994, dukungan pendidikan berarti bahwa media pendidikan dapat berfungsi sebagai stimulus untuk belajar dan memotivasi siswa untuk belajar dan tidak bosan mencapai tujuan pembelajaran mereka”.

“Menurut Sudiana 2009, materi pendidikan adalah alat yang diserap oleh mata dan telinga untuk membantu guru membuat proses belajar mereka lebih efektif dan efisien.

Alat peraga adalah segala sesuatu yang bisa digunakan dan dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan konsep-konsep pembelajaran dari materi yang bersifat abstrak atau kurang jelas menjadi nyata dan jelas, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian serta minat para siswa yang menjurus ke arah terjadinya proses belajar mengajar.

Penggunaan alat peraga dapat memberikan manfaat diantaranya yaitu :
a. siswa menjadi lebih mudah dalam memahami suatu konsep.
b. Suatu konsep akan lebih lama ada dalam ingatan siswa.
c. Merangsang keinginan siswa untuk mengetahui lebih jauh lagi materi yang dipelajari. d. Mempermudah guru saat menyampaikan materi kepada siswa.
e. Menjadikan Siswa lebih konsentrasi dalam belajar.
f. Menghilangkan rasa kebosanan dalam belajar.

Adapun kelebihan lain nya dalam penggunaan alat peraga yaitu menumbuhkan motivasi belajar siswa, karena proses pembelajaran akan lebih menarik serta menyenangkan dan akan membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar karena ada proses demonstrasi alat.

Alat peraga tidak harus membeli yang bagus di toko akan lebih hemat jika kita bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar kita.

Dengan demikian maka penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika tidaklah berat dan akan menjadikan belajar matematika lebih asik. Keberhasilan dalam pembelajaran adalah hal yang sangat penting. Keberhasilan tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Keberhasilan seorang guru dalam memahamkan konsep matematika kepada siswanya tidak terlepas dari peran alat peraga. Ada bermacam-macam alat peraga yang beredar di pasaran mulai alat peraga yang digunakan secara fisik mapun elektronik. Namun alangkah baiknya jika guru juga mampu merancang alat peraga sendiri disesuaikan dengan tujuan yang akan disampaikannya.Selamat belajar.

Penulis : Wiwiet Widyastuty

Reporter : Arifin

Editor : indi