111 Views
oleh

TNI dan Warga Kompak Pasang Bowplank dan Gali Pondasi untuk Talud Pra TMMD Sengkuyung III Kodim 0726/Sukoharjo

Pekerjaan Talud jalan di sepanjang persawahan desa Jati (foto: istimewa)

SUKOHARJO || Bratapos.com – TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0726/Sukoharjo tahun 2022 akan segera dilasanakan kembali. Sasaran fisik TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0726/Sukoharjo di desa Jati, Kec. Gatak, Kab. Sukoharjo ini diantaranya adalah membuat Talud jalan di sepanjang persawahan desa Jati. Senin, (03/10/2022)

Meskipun masih dalam tahapan Pra TMMD, pekerjaan yang difokuskan pada pengerjaan pembuatan talud ini progressnya tengah dimulai dengan penyiapan lahan yang akan dikerjakan.

Hari ini, Senin (10/22) Pekerjaan dimulai bergeser didahului dengan penampingan lereng talud dan pemasangan patok-patok bowplank talud. Pemasangan bowplank merupakan salah satu pekerjaan yang sangat penting ketika akan membuat konstruksi.

” Kesalahan pada saat pemasangan bowplank sangat berakibat fatal dipastikan bangunan menjadi kurang simetris, tidak siku, ataupun tidak rata elevasi konstruksinya,” tukas Pasiterdim 0726/Sukoharjo Kapten Inf Ismail.

Pemasangan bowplank merupakan salah satu pekerjaan tahap pertama dalam melaksanakan suatu pembangunan. Pemasangan bowplank bertujuan untuk menentukan titik perletakan pondasi, kelurusan pondasi, dan galian pondasi.

Selain itu dapat berfungsi untuk menentukan sudut bangunan supaya tidak terjadi kemiringan saat pengerjaannya. Tampak dalam pekerjaan hari itu dikebut pelaksanaannya, penggalian pondasi segera dimulai oleh bapak-bapak TNI bersama masyarakat.

Reporter : Arifin

Editor : indi