135 Views
oleh

Pengendalian Inflansi, Pemkab Kebumen Gelar Bazar Pangan Murah

Kegiatan bazar pangan murah dan pasar mitra tani di Alun-alun Kebumen (foto: istimewa)

KEBUMEN || Bratapos.com – Dalam rangka pengendalian inflansi, Pemerintah Kabupaten Kebumen, melalui Dinas Pertanian dan Pangan menggelar bazar pangan murah dan pasar mitra tani di Alun-alun Kebumen, pada Sabtu 2 Oktober 2022.

Kegiatan ini turut melibatkan Perum Bulog, ID Food, BUMP, Kelompok Tani atau Gapoktan, KWT atau LUPM, TP. PKK Asosiasi dan pelaku usaha lainnya.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama segenap jajaran OPD dan dan tamu undangan yang hadir menyatakan, bazar pangan murah ini tujuannya untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan strategis baik di tingkat produsen maupun konsumen.

“Dalam pengendalian inflansi ini, pemerintah berupaya untuk meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok dan  strategis bagi masyarakat  dengan menggelar bazar pasar murah atau operasi pasar, karena dengan begitu kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, sudah seharusnya pemerintah mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang untuk masyarakatnya. Terlebih Kebumen juga memiliki hasil pertanian yang cukup melimpah.

“Diharapkan dengan adanya Bazar Pangan Murah ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat untuk menikmati belanja murah dan berkualitas,” terang Bupati.

Selain itu pada acara hari ini juga dilaksanakan Pasar Mitra Tani. Pasar tersebut merupakan salah satu usaha pemerintah memotong rantai pasok pangan, dengan Toko Tani Indonesia maka rantai pasok (supply chain) pangan yang semula ada di banyak pihak menjadi sedikit pihak. 

Dengan berkurangnya pihak-pihak terkait, lanjut Bupati, dalam rantai pasok, harga pangan menjadi turun hingga 30%. Ia juga meminta agar para spekulan tidak terlalu berani dalam menaikan harganya. Dalam hal ini pemerintah bekerja sama dengan distributor, Perum Bulog dan para kelompok tani, serta pelaku usaha pangan dalam penyediaan komoditas pangan.

Diketahui, peserta Bazar Murah Pangan diikuti oleh Bulog, PT. PPI Cabang Purwokerto, PT. Jateng Agro Berdikari, PT. Gita Foods Kartasura, Kelompok Tani Mulyo Desa Tlogolele Kec. Selo Kab. Boyolali (Sayuran), Kelompok Tani Begonondo Desa Gemuh Blantem Kec Gemuh Kab. Kendal (Bawang Merah).

Kemudian ada  Kelompok Peternak Telur Kecamatan Puring (Farelio Farm), BUMP PT. PT Wijayakusuma Pangan Mandiri (Cilacap), dan BUMP PT. Kebumen Maju Makmur (Kebumen)

Adapun Pasar Mitra Tani diikuti oleh Poktan dan Gapoktan 19 Kecamatan yang ada di Kebumen. Aneka macam sayuran dan buah-buahkan tersedia dalam kegiatan tersebut, harganya pun sangat terjangkau, maka tak heran, masyarakat yang tengah berada di Alun-alun ngantri beli.

Reporter : Fandy

Editor : indi