90 Views
oleh

Bersama FKPD, Dandim Grobogan Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan

Tebar benih ikan di Keramba Kedung Gudel Desa Klambu (foto: istimewa)

GROBOGAN || Bratapos.com – Masih dalam rangkaian kegiatan HUT TNI ke-77, Dandim 0717/Grobogan Letkol Muda Setyawan, S.I.P bersama FKPD Kabupaten Grobogan melaksanakan penanaman pohon Tabubia dan tebar benih ikan di Keramba Kedung Gudel Desa Klambu Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Minggu (2/10/22).

Menurut keterangan Dandim, kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga ekosistem alam yang merupakan tanggung jawab kita bersama. Terjadinya kerusakan alam membawa dampak yang tidak kecil. Banyak yang akan merasakan dampak yang ditimbulkan apabila hal itu terjadi. Sebagai contoh hutan gundul maka dalam jangka waktu yang tidak lama mata air akan menjadi kecil dan mati, sungai bisa kering, ikan ikut mati, kekurangan air saat kemarau dan masih banyak yang merasakan dampaknya.

“Untuk itu mari kita semua ikut menjaga kelestarian alam, ini tidak bisa dilakukan sendiri – sendiri, akan tetapi harus didukung semua pihak. Setelah kegiatan penanaman membutuhkan pemeliharaan. Itu merupakan tugas yang tidak ringan agar apa yang ditanam saat ini bisa tumbuh dengan baik sehingga membawa hasil sesuai harapan,” terang Muda.

Sementara itu menurut Wakil Bupati Grobogan dr. Bambang Pujiyono,SKm.M.Kes menuturkan, aksi tebar benih ikan dan menanam pohon adalah wujud nyata kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan. Diharapkan, melalui aksi ini dapat menjaga ekosistem ikan di Keramba Kedung Gudel yang setiap hari semakin berkurang. Selain itu, dengan kelestarian alam yang terjaga akan menarik wisatawan untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

“Saya berharap, kegiatan seperti ini dapat menjaga ekosistem ikan di keramba ini, juga mengundang minat pemancing dan wisatawan lainnya untuk dating. Selain itu, kegiatan ini bagian dari investasi jangka panjang untuk anak cucu kita dan menjaga ekosistem alam dari bencana tanah longsor dan kekurangan air,” ungkap Bambang.

Kegiatan ini dihadiri FKPD Kabupaten Grobogan, Forkopincam Godong dan Klambu serta Kepala desa se-kecamatan Klambu dan se-kecamatan Godong.

Reporter : Nurhudi

Editor : indi