230 Views
oleh

Pemkab Nganjuk Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Nganjuk || bratapos.com – Dalam rangka mengenang kembali sejarah kelam mempertahankan ideologi bangsa, sekaligus  penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965. Pemerintah Kabupaten Nganjuk melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Kali ini Dandim 0810 Nganjuk Letkol Inf. Tri Joko Purnomo didapuk sebagai pemimpin upacara yang berlangsung di Alun-alun Kabupaten Nganjuk, Sabtu(1/10/2022).

Tampak hadir Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi beserta Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Marhaen, Kapolres Nganjuk, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas se Kabupaten Nganjuk, Camat se Kabupaten Nganjuk beserta tamu undangan.

Dalam Peringatan ini, dikatakan Kang Marhaen sekaligus dalam rangka menyambut dan menerima panji-panji atas Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya sebagai momentum peringatan HUT ke-77 Provinsi Jawa Timur yang telah diarak dari Kabupaten Madiun menuju Kabupaten Nganjuk untuk selanjutnya diteruskan ke Kabupaten Bojonegoro pada esok harinya.

Kang Marhaen Menerima Panji Kirap Pataka Jerbasuki mawa Beya, Pada Hari Kesaktian Pancasila

Kang Marhaen mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan hari ini yang berjalan dengan lancar dan khidmad.

“Alhamdulillah upacara hari ini sukses dan meriah. Ini sekaligus untuk menyambut dan menerima panji-panji Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Kabupaten Madiun ke Kabupaten Nganjuk dan besok kita arak kembali menuju Kabupaten Bojonegoro. Selain itu kita juga berikan hiburan bagi masyarakat yaitu kesenian jaranan dan tari Anjuk Ladang,” ucap Kang Marhaen.

Kang Marhaen  berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Bayu bahwa Pancasila dan UUD 1945 harus dijaga semuanya. “Ini merupakan pesan dari Gubernur Jawa Timur Bu Khofifah”, tuturnya.

“Semoga kita mampu menjadi warga negara yang bisa menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila untuk keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila,” harap Kang Marhaen.

Reporter : RD
Editor : AS