552 Views
oleh

Ketua Lembaga MPPK2N Jatim Mendesak Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan Berdarah

MALANG || Bratapos.com – Kerusuhan hingga menyebabkan korban jiwa jumlahnya mencapai ratusan 127 orang pasca pertandingan yang berkesudahan antara Arema melawan Persebaya 2-3 kemenangan Persebaya di Stadion Kanjuruan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam.

Cahyo S.H selaku Ketua Lembaga MPPK2N Jatim turut berbela sungkawa terhadap keluarga korban terkait insiden kerusuhan di Stadion Kanjuruan, Kabupaten Malang yang menewaskan ratusan orang tersebut.

Kepada Bratapos.com, Cahyo S.H menegaskan dan meminta kepada Kapolri agar mengusut tuntas tragedi ini, dan segera menurunkan Tim Independen untuk mengupas tuntas peristiwa yang sudah terjadi sampai menewaskan ratusan nyawa orang ini.

Dijelaskan oleh Advocat Cahyo S.H selaku Praktisi Hukum Ia pun berpendapat apabila terjadinya peristiwa ini ada dugaan kelalaian dari pihak panitia penyelenggara maka harus bertanggung-jawab dan apabila benar adanya ada kesalahan dari pihak penyelenggara (Panitia) maka bisa masuk ke ranah hukum pidana.

“Tragedi ini diduga ada kelalaian dari pihak panitia penyelenggara ya harus bertanggung-jawab, apabila benar adanya terjadinya peristiwa ini ada kesalahan dari pihak penyelenggara panitia ya bisa dipidana,” kata Cahyo S.H, Minggu (2/10/2022) sore.

Ditambahkan oleh Cahyo S.H, Pasal kelalaian yang mengakibatkan kematian orang lain diatur dalam Pasal 359 KUHP.

“Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun,” pungkasnya.

Pewarta : Zen/Tim
Publish : rif