650 Views
oleh

Secara Manual pasukan Orenye DLH Tanjab Barat Membersihkan Sampah di Sungai Parit II

Tanjab Barat || Brata pos.com – Hasil sidak Bupati tanjab Barat pada hari rabu (28/09/22) Daerah Aliran Sungai (DAS) parit 2 yang berada di jalan siswa ujung Rt.11,Kelurahan Patunas, Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Barat kini kondisi sudah normal kembali dari tumpukan sampah yang ada di aliran sungai tersebut usai di bersihkan yang dilakukan secara manual selama dua hari berturut-turut.

Kondisi sungai penuh dengan tumpukan sampah dan panjangnya rumput-rumput liar yang tumbuh disepanjang bantaran sungai tersebut,Kini Kondisi Daerah Aliran sungai (DAS) sudah normal kembali dari sampah-sampah yang menumpuk di permukaan sungai,”kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Barat Suparjo, SE, Jum’at (30/09/2022)

Tumpukan sampah yang ada diangkut menggunakan 2 Armada Mobil Dam truk untuk diangkut menuju tempat pembuangan akhir (TPA) yang berada di Desa lubuk Terentang,Kecamatan Betara dengan dukungan 30 petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“pembersihan dan pengangkutan sampah di sepanjang aliran sungai parit 2 menindak lanjuti atas sidak Bupati Tanjung Jabung Barat Pada hari Rabu (28/08/22) itu guna untuk mengantisipasi atau mengurangi risiko banjir disaat hujan turun dan air laut pasang besar.

“Tentu saja ini menjadi tanggung jawab bersama ke depan, bukan hanya pemerintah daerah saja, melainkan seluruh warga diperlukan kesadaran penuh segenap warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dan aliran sungai,” Tambahnya..

Ditempat terpisah Pejabat pengawas Lingkungan DLH Bronin Juli Hardimon mengatakan bahwa dalam normalisasi sungai dari muara sungai ini dimulai pada tahun 2018 secara manual melibatkan puluhan petugas pemungut sampah.

“Sekarang Bantaran dan Aliran sungai parit 2 sudah dibersihkan dari tumpukan sampah jadi mohon dengan sangat untuk tidak kembali buang sampah sembarang apalagi ke sungai. Mari bersama-sama mengembalikan fungsi sungai seperti semestinya,”Tutupnya

Reporter : Toro