164 Views
oleh

Bupati Resmi Membuka Pesta Wirausaha Kebumen 2022, 80 Persen Diisi Produk Lokal 

Pembukaan Pesta Wirausaha Kebumen 2022 di Jalan Veteran Kebumen depan SMPN 2 Kebumen (foto: istimewa)

KEBUMEN || Bratapos.com –  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi membuka Pesta Wirausaha Kebumen 2022 yang berlangsung di Jalan Veteran Kebumen atau di depan SMPN 2 Kebumen, pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Selain Bupati, pembukaan Pesta Wirausaha Kebumen 2022 juga turut dihadiri Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Ketua TP PKK Kebumen Iin Windarti, jajaran Forkompimda, serta kepala OPD, dan tamu undangan lain.

Bupati menyambut baik, diselenggarakannya pameran UMKM ini yang diinisiasi oleh Asosiasi UMKM Kebumen. Sebagai tulang punggung perekonomian daerah, sudah sepantasnya pemerintah berupaya meningkatkan akses bagi para pelaku UMKM agar bisa meningkatkan produk penjualannya.

“Memang kita harus terus bersinergi dalam mengembangkan UKM, setelah gelaran akbar Kebumen Internasional Expo, pameran UMKM tidak boleh berhenti, harus terus diadakan, bahkan dari lingkup terkecil desa-desa juga sekarang banyak mengadakan pameran,” ujar Bupati.

Setelah ini, beberapa produk asli Kebumen kata Bupati, bakal diikutkan dalam pameran internasional di BSD, Serpong. Pemerintah memfasilitasinya dengan gratis, tanpa biaya. “Kita siapkan dua stand, ada stand kuliner dan ekonomi kreatif lain, seperti pernak pernik kerajinan tangan, semua gratis,” jelasnya.

Kemudian untuk menguatkan kembali UMKM Kebumen, pihaknya tahun depan juga bakal mengadakan kembali Kebumen Internasional Expo pada bulan Juni 2023. UMKM mendapat ruang lebih banyak dalam ajang pameran tersebut, seperti pada tahun ini.

“Saya juga mengimbau Perangkat Daerah Kabupaten Kebumen untuk mengalokasikan 40% dari total pagu anggaran, guna membelanjakan barang dan jasa dari UKM lokal dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi UMKM Kebumen Setiyo Widodo menambahkan, pameran ini berlangsung sampai 7 Oktober 2022. Setidaknya 76 stand yang disediakan, dimana 130 di antaranya diisi oleh pelaku produk UMKM lokal, dan 15 lainya dari luar. Setiap stand memang ada yang diisi lebih dari satu produk UMKM.

“Yang ikut tidak hanya yang masuk dalam asosiasi, semua bisa. Kebetulan ini ada beberapa yang kosong untuk kelas ekonomi, untuk biaya standnya sebesar Rp2 juta,” ujar Widodo.

Pameran UMKM ini kata dia, sudah berlangsung sejak 2017. Pada 2020, dan 2021 sempat terhenti karena Covid-19. Tahun ini pesertanya tidak begitu banyak seperti tahun sebelumnya yang bisa menyediakan 100 stand lebih. “Karena setelah pandemi memang butuh kesiapan lagi, jadi kita sediakan 76 stand,” ucapnya.

Produk yang dipamerkan di sini kata Widodo, 80 persen merupakan produk lokal Kebumen, di antaranya ada produk aneka macam kuliner, fashion, kerajinan tangan, dan juga pernak pernik lainnya. Yang menarik di sini saat pembukaan, diselingii acara fashion show yang diperagakan oleh para pejabat eselon II.

Reporter : Fandy

Editor : indi