1300 Views
oleh

BPBD Kabupaten Bekasi Imbau Waspada Bencana Hidrometeorologi Kepada Masyarakat

BPBD Kabupaten Bekasi (Poto : Istimewa)

BEKASI || Bratapos.comBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, memberikan peringatan kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, menyebutkan, meski masih memasuki musim kemarau. Namun, diperkirakan masih berpotensi mengalami cuaca hujan dengan intensitas bervariasi, mulai dari ringan, sedang, bahkan lebat, angin kencang dan disertai petir.

“Kalau melihat intensitas beberapa hari terakhir ini, kita juga sudah melakukan beberapa langkah kewaspadaan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (12/9/2022).

Sejauh ini, kata dia, intensitas hujan di wilayah Jabodetabek makin tinggi. Dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri menyampaikan, bahwa hujan lebat masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Bekasi.

Said menyebutkan, upaya BPBD, masih dengan kewaspadaan dan siaga 24 jam untuk memantau perkembangan cuaca hujan yang masih terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Bekasi.

“Kita juga mempersiapkan segala sesuatu, baik secara internal maupun tim BPBD (Tagana) yang sudah terbentuk di setiap desa, kelurahan kemudian relawan dan yang tergabung dan terkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi,” imbuhnya.

Apabila melihat kalender tahunan, Said menambahkan, perkiraan musim masih dalam perspektif kemarau. Namun, musim penghujan diperkirakan datang lebih awal. Pihaknya mengingatkan agar warga lebih waspada dengan cuaca yang terjadi. (*)