144 Views
oleh

Lounching Kemangi Rebounds dengan 13 Inovasi Kemenag Banyuwangi

BANYUWANGI// Bratapos.com- Kado istimewa di hari spesial HUT ke- 77 tahun kemerdekaan RI dari keluarga besar kantor Kemenag Banyuwangi, yakni launching REBOUNDS KEMANGI berupa 13 inovasi program dan pelayanan bagi masyarakat Banyuwangi, Rabu (17/08/2022).

Kepala Kemenag Banyuwangi Dr. Moh. Amak Burhanudin berharap, dengan inovasi baru tersebut, Kemenag Banyuwangi bisa lebih baik, lebih mudah, lebih cepat dan tepat serta transparan dalam pelayanan

“Inovasi perwujudan dari Kemenag Banyuwangi yang ingin maju dan berubah, secara bertahap inovasi ini akan terus dikembangkan. Kami mohon dukungan dari seluruh ASN dan masyarakat agar bisa lebih maksimal lagi,” tandasnya.

Lebih lanjut Amak mengatakan, dipilihnya tanggal 17 Agustus 2022 agar mudah diingat dan termotivasi semangat para pejuang dan pemimpin bangsa yang luar biasa. Dirinya mengajak untuk mengisi kemerdekaan dengan inovasi pelayanan dan terus berkreasi untuk meraih hasil yang lebih baik

“Terimakasih semua tim yang telah kreatif dan bersama sama menerjemahkan ide ide inovasi dan perubahan menjadi program nyata dalam melayani masyarakat,” pungkasnya.

Berikut 13 inovasi program pelayanan bagi masyarakat di Kemenag Banyuwangi :
A. Sekretariat Sub Bagian TU,
1. Laris Kemangi (Layanan Ringkas Surat Kemenag Banyuwangi)
2. Sitama (Sistim Informasi Data Keagamaan)
B. Seksi Pendidikan Madrasah,
1. Madrasah Ramah Anak
2. Madrasah Digital
3. Saka Sana Saku (Satu Kegiatan Satu Narasi Satu Buku)
C. Seksi PHU,
1. Haji Tamattu ( Tanpa Lama dan Tuntas)
D. Seksi PAIS,
1. WA Sinpai (Sistim Informasi PAIS)
E. Seksi PD Pontren,
1. Lare PD Pontren (Layanan Reformasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren)
F. Seksi Bimas Islam,
1. Pojok Cinta ( Pojok Cerita Indah Tentang Kita)
2. Si Dewa (Sistim Informasi Dekat dengan WA)
G. Penyelenggara Zawa,
1. Salam Kemangi (Satu Layanan Mobil Kementerian Agama Banyuwangi)
H. Penyelenggara Katolik,
1. Camarakate (Cara Alih Media Katolik Elektronik)
I. Penyelenggara Hindu,
1. Si Gardu ( Sistim Digitalisasi Penyelenggara Hindu)
Salah satu inovasi yang diluncurkan dan menjadi perhatian khusus adalah inovasi Seksi Bimbingan Masyarakat Islam yang menggunakan istilah Pojok Cinta, akronim dari Pojok Cerita Indah Tentang Kita, yang berada di setiap KUA Kecamatan.
Pojok Cinta merupakan ruangan khusus konsultasi problem rumah tangga, yang diharapkan bukan hanya mengurangi angka perceraian  saja, tetapi juga problem sosial keluarga lainnya, seperti masalah anak dan keluarga.
Seperti yang disampaikan Kasi Bimas Islam H. Mastur, bahwa Pojok Cinta akan ditangani oleh para konselor yang sudah teruji dan berkolobirasi dengan lembaga lain dalam menangani masalah

(idham/waluyo)

Publisher: Shelor