272 Views
oleh

RT 8 Desa Hendrosari, Gelar Malam Tirakatan, Ini Pesan Ketua RT

GRESIK || Bratapos.com. Tradisi malam tirakatan Kemerdekaan RI 17 Agustus masih banyak ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Malam tirakatan adalah malam tanggal 16 Agustus. Hal itu sebagai rangkaian acara menjelang esok hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Saat menggelar malam tirakatan, warga biasanya akan berkumpul disalah satu tempat tua untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan yang gugur memerjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Di berbagai daerah malam tirakatan juga diwarnai dengan acara mendengarkan kesaksian para sesepuh yang pernah ikut berjuang melawan penjajah.

Seperti yang dilakukan oleh RT 08 RW 01 Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik mengadakan malam Tirakatan. Berbagai macam makanan dibawa oleh warga untuk dimakan bersama. Tujuannya untuk saling bersilaturahmi. Selasa 16 Agustus 2022.

Menurut ketua RT 8 Moh Arip, rasa syukur yang tak terhingga patut kita panjatkan kepada Allah SWT atas segala limpaan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini, dalam acara tasyakuran hari kemerdekaan dalam keadaan sehat wal afiat.

Arip, mengucapkan terima kasih kepada semua panitia HUT RI ke-77 yang telah mempersiapkan segala sesuatunya. Bahkan anak-anak karang taruna sebelum bulan Agustus tiba sudah mempersiapkan. Sehingga rangkaian acara di kampung kita ini dapat berjalan dengan lancar.

“Acara tasyakuran HUT RI adalah agenda tahunan lingkungan kita, sebagai salah satu bentuk rasa bersyukur kita. Karena Allah sudah memberikan kita jalan menjadi bangsa yang merdeka. Bangsa yang terlepas dari berbagai penjajahan dari bangsa lain. Sehingga kita dapat bebas bekerja, berkarya dan berkreasi seperti sekarang ini,” ucap Arip.

Kata Arip, dalam acara ini sekaligus merupakan waktu yang tepat untuk mempereat tali silaturahmi semua warga terutama di lingkungan RT 08 RW 01. Apalagi setelah kita semua melewati masa sulit saat pandemi.

“Sepertinya kita semua telah terjajah oleh virus yang membatasi ruang gerak untuk bersilaturahmi. Semoga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta dapat mendatangkan manfaat dan berkah bagi kita semua,” pungkasnya.

Pewarta: Jamal Sintaru