346 Views
oleh

76 Pelajar Kota Madiun Siap Laksanakan Pengibaran Bendera Dalam HUT Kemerdekaan RI ke-77

Kota Madiun || bratapos.com – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tentunya tidak lepas dari sebagian rangkaian kegiatan yang begitu sakral. Mulai acara pengibaran bendera serta pembacaan teks Proklamasi dan penurunan kembali bendera. Dan tentunya tidak lepas juga dari campur tangan pemuda-pemudi Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera).

Dalam melaksanakan tugas penting 17 Agustus 2022 mendatang. Sebanyak 76 pelajar yang tergabung dalam Paskibra Kota Madiun tahun 2022 telah dikukuhkan Wali Kota Madiun, Maidi, Senin (15/8/2022). Mereka akan bertugas untuk upacara peringatan Detik-detik Proklamasi dan juga penurunan bendera.

Wali Kota Maidi, merasa optimis tugas penting tersebut akan sukses dijalankan. Sebab, puluhan pelajar tersebut telah menjalani rangkaian latihan panjang sejak April lalu.
‘’Hari ini kita kukuhkan dan mudah-mudahan besok saat bertugas diberikan kelancaran. Latihan mereka sudah cukup lama. Insyaallah nanti sukses,’’ kata wali kota.

Walikota Madiun, Maidi Kukuhkan 76 Pelajar Untuk Laksanakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022 Nanti

Para Paskibra ini berangkat dari seleksi yang ketat, yang dilaksanakan bulan Maret lalu. Setidaknya ada 400 pelajar yang mendaftar. Dari jumlah tersebut diambil 100 pelajar dan terakhir menyisakan 78 pelajar.
Mereka lantas mengikuti pra latihan mulai awal Juni lalu. Pra latihan juga sekaligus seleksi untuk ke menjadi Paskibra tingkat provinsi. Dua terbaik dari 78 pelajar tersebut akhirnya berangkat ke Surabaya dan bergabung dengan pelajar dari daerah lain untuk menjadi Paskibra Provinsi Jawa Timur. Dua pelajar tersebut yaitu, Yumna Augustie Putra Maro’in dari MAN 2 Kota Madiun dan Raysha Syafira Rahmadia dari SMA 3 Taruna Angkasa. Dan 76 sisanya menjadi Paskibra Kota Madiun.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi akan berlangsung di Alun-alun Kota Madiun. Kegiatan peringatan memang telah kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Mereka akan bertugas dua kali untuk pengibaran dan penurunan bendera. Sebanyak 76 pelajar itu akan terbagi menjadi kelompok 17, 8, dan 45.

Reporter : Jhon Mongaz
Editor : AS