195 Views
oleh

Upacara Adat Sembayangan Pura Kerta Bhuana di Desa Bongso Kulon Menganti Kabupaten Gresik

Gresik || Bratapos.com – Upacara tahunan di Pura kerta Bhuana Jl. Bongso kulon RT03 / RW 01 pengalangan kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.diadakan setiap tahun yang jatuh pada Purnama Kedasa atau bulan kesepuluh menurut kalender Bali ,Jumat 11/08/2022.

Upacara ini biasanya berlangsung selama 21 hari agar umat memiliki waktu yang cukup untuk bisa hadir bersembahyang

Ada upacara besar tahunan di Pura Kerta Bhuana tempat suci terbesar umat Hindu di Gresik. Pada tahun ini, upacara ini diadakan pada tanggal 12Agustus 2022 upacara berlangsung selama 21 hari. Upacara dimulai tepat pada hari Purnama sasih kedasa atau bulan kesepuluh dalam kalender Bali.

Untuk menyiasati kemacetan ini, ada umat yang kemudian menyiasati dengan berangkat pada pagi hari, siang, sore atau malam hari. Karena demikian banyaknya umat yang hendak bersembahyang dalam kurun waktu tersebut, hampir setiap saat dalam 24 jam sehari ada yang bersembahyang.

Prosesi puncak upacara Ida Bhatara Turun Kabeh yang digelar setiap tahun sekali ini dipusatkan di Penataran Pura kerta Bhuana. Diawali dengan persembahyangan bersama dan dilanjutkan dengan nedunang Ida Bhatara dari balai Samuan Agung.
Proses upacara Ida Bhatara Turun Kabeh ini dipimpin oleh sekitar 3 sulinggih yang tersebar di Jawa Timur pura yang ada di kompleks Pura kerta Bhuana Prosesi ritual Ida Bhatara Turun Kabeh ini juga disertai pementasan sejumlah tarian sakral.

Apa itu Ida Bhatara Turun Kabeh?
Ida Bhatara Turun Kabeh adalah upacara yang melukiskan semua Dewata manifestasi Tuhan berkumpul di Balai Pesamuan Agung Pura Kerta Bhuana dan bersatu untuk memberikan anugerah beliau kepada umatnya yang menghaturkan bakti kepada Tuhan.

Pada saat pelaksanaan upacara Ida Bhatara Turun Kabeh, semua simbol sakral yang ada di kompleks Pura Kerta Bhuana itu diusung secara ritual dan ditempatkan di Balai Pesamuan.
Hal ini menggambarkan bahwa para Dewata bersatu untuk memberikan karunia kepada umat sesuai dengan kadar karma dan bakti mereka masing-masing.

Menurut beberapa sumber, secara umum pelaksanaan upacara Ida Bhatara Turun Kabeh bertujuan untuk memohon kerahayuan dan keselamatan jagat alam semesta (Kerta Bhuana) beserta penghuninya (Kerta Bhuana).
Lokasi dan transportasi
Pura Kerta Bhuana berlokasi di Desa Bongso Kulon Menganti .

Abdul Muntholib selaku kepala desa setempat sangat senang sekali adanya kegiatan yang diadakan ama umat hindu yang kebetulan di adakan di pura Kerta Bhuana, dengan adanya acara ini masyarakat setempat dari agama islam juga turun membantu dengan acara ini.

Acara ibadah dari umat hindu yang di adakan di pura Kerta Bhuana juga di hadiri langsung dari pihak keaman dari polsek menganti dan koramil menganti.

Dan dimeriahkan pertunjukan wayang kulit yang berjudul mempersatukan umat beragama.

Alhamdulillah acara yang diadakan umat hindu di pura kerta bhuana berjalan dengan lancar tidak ada kendala apapun.

Writer: HdkEditor: dimas