346 Views
oleh

Antusisme Warga Menganti, Warnai Jalan Sehat Meriahkan HUT RI Ke-77

GRESIK || Bratapos.com. Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-77 benar-benar dirasakan oleh masyarakat Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Betapa tidak, dengan suasana guyub rukun, masyarakat Menganti kompak menggelar berbagai lomba agustusan dan jalan santai.

Jalan santai yang diikuti oleh seluruh masyarakat umum di Menganti itu, dilaksanakan pada hari Sabtu 13 Agustus 2022. Kegiatan jalan sehat yang mengambil rute dari lapangan Menganti, kemudian mengelilingi wilayah Sidojangkung. Lalu tembus ke ladiva. Sehingga finis ke Wisata Kuliner Tauege Dan Lontong desa Hulaan. Jarak tempuh kurang lebih sekitar 5 Km. Kegitan tersebut dipimpin langsung oleh Camat Menganti Gunawan Purna Atmaja dan Kepala Desa Hulaan Hamdani Widianto.

Tidak hanya itu, para peserta dari berbagai usia seperti guru, yang disomasi oleh anak-anak sekolah, mulai dari tingkat SD sampai SMA. Mereka nampak penuh semangat menempuh rute jalan sehat dengan penuh keceriaan, kebahagiaan, tanpa rasa “Galau” karena kelelahan.

Menurut Kades Hulaan, Hamdani Widianto menyampaikan, tujuan jalan sehat ini selain memperingati HUT RI Ke-77 juga mengenalkan Wisata Kuliner Tauege Dan Lontong. “Sehingga Hulaan bangkit, Hulaan sejahtera dan Hulaan maju. Ini mendongkrak perekonomian melalui UMKM,” tegasnya.

Menurut Hamdani, untuk membangun desa yang lebih kreatifitas untuk mendorong perekonomian, maka harus loyatitas dan penuh semangat. “Harus merangkul semua pihak. Wisata Kuliner Tauege Dan Lontong ini menyediakan bermacam-macam menu yang droduksi dari UMKM Hulaan,” ujarnya.

Salah satu seorang peserta jalan sehat, Dwiki Fahrul Hidayat, ia bersama istri sangat senang bisa ikut memeriahkan momentum peringatan HUT RI ke-77 yang diadakan oleh Kecamatan.

“Kami bersama istri sangat bahagia dan penuh semangat memeriahkan acara HUT RI ke 77 ini. Ya harapan kami, Wisata Kuliner Tauege Dan Lontong ini semakin banyak pengunjung,” ungkapnya.

Rohmad Hidayat dari UPT SD 228 Gresik mengatakan, acara jalan sehat ini sangat meriah. Sebab 2 tahun tidak ada kegiatan akibat Covid. “Ini pegelaran pertama setelah pasca covid. Sehingga masyarakat senang sebab tidak pandemi sehingga banyak kegitan. Ini lebih baik,” katanya.

Menurut camat Menganti Gunawan Purna Atmaja begitu bangga melihat antusiame masyarakat Menganti yang mengikuti jalan sehat. Sebab, semua masyarakat umum bisa mengikuti. Kegiatan 17-an berbagai lomba dilaksanakan. Seperti gerak jalan, dan jalan sehat. “Kegiatan 17-an ini agar mengena pada masyarakat. Tujuannya jalan sehat ini, untuk mendongkrak UMKM,” pungkasnya.

Pewarta: Jamal Sintaru