542 Views
oleh

Kalau Tidak Meminta Maaf; Indrawan Souwakil akan Dipolisikan Pihak ASDP Namlea

NAMLEA | Bratapos.com– Terkait dengan beredarnya berita di salah satu media online bahwa ada kerja sama antara Calo dan pihak ASDP Namlea yang melakukan penjualan tiket di luar loket, mendapat tanggapan dari Supervisor Pelabuhan Namlea, Makmur Hidayat, Sabtu (6/8/2022).

Saat ditemui awak media di ruang kerjanya Pelabuhan Ferry Namlea, Makmur menjelaskan, apa yang disampaikan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Namlea, Indrawan Souwakil. Kalau benar adanya, anggota ASDP yang terlibat kerja sama dengan Calo untuk lakukan penjualan tiket di luar loket, akan kami proses oknum pegawai tersebut.

“Namun kalau bukti itu ada, tolong ketua HMI tunjukan buat kami, apabila tidak bisa menunjukan bukti tersebut, maka 2×24 jam Indrawan Souwakil harus meminta maaf dan sampaikan langsung di media yang dia buat berita. Kalau tidak, maka kami akan tempuh jalur hukum,” tegas Makmur Hidayat.

Lanjut Makmur Hidayat, bukan Indrawan saja yang akan kami lapor, tetapi media yang naikkan berita juga. Kenapa saya katakan seperti itu, karena wartawan itu ada punya Kode Etik jurnalistik, jadi kalau buat berita itu harus seimbang. Mestinya wartawan harus konfirmasi saya untuk menanyakan persoalan calo tersebut, bukan seenaknya naikkan berita.

“Itu bukan namanya berita, tetapi opini karena hanya dibuat statemen satu sumber, dan tidak ada pembuktian yang jelas,” ungkap Makmur.

“Kami melakukan penjualan tiket sesuai prosedur di loket penjualan, bukan di luar loket,” jelas Makmur.

Di tempat terpisah, Bobet salah satu masyarakat yang juga pekerja di pelabuhan, saat ditanya terkait persoalan Calo pelabuhan dia menjelaskan, bahwa tidak ada yang namanya Calo. Kami hanya membantu orang-orang yang kami kenal di saat mereka meminta tolong belikan tiket di loket pelabuhan.

“Apa salah kalau kita menolong orang. Tiket juga kita beli di loket dan tunjukkan KTP penumpang dengan harga tiket Rp.79 ribu. Kami tidak pernah menyebut harga tiket ekonomi di atas harga tersebut ,” kata Bobet.

“Sejauh ini Beta (saya,red) belum lihat orang jual tiket di luar loket,” pungkasnya.

Indrawan Souwakil yang coba dikonfirmasi via telepon terhubung namun tidak diangkat.