224 Views
oleh

TMMD Demak : Gunakan Besi Wiremesh Dalam Pengecoran Jalan, Perkuat Tulangan Cor Beton

Tim Satgas TMMD saat mengerjakan rangkaian besi yang akan digunakan dalam pengecoran jalan (foto: istimewa)

DEMAK || Bratapos.com – Dalam membangun jalan rabat beton program TMMD Reguler Ke 114 Kodim 0716/Demak di Desa Kebonagung, Kecamatan Kebonagung, terdapat banyak sekali aspek yang perlu diperhitungkan dengan baik dan matang. Setiap komponen yang ada di dalamnya bisa mempengaruhi usia jalan yang dibangun. Salah aspek yang bisa mempengaruhi ketahanan dari bangunan jalan cor ini adalah besi wiremesh atau anyaman besi.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo menyebut, wiremesh merupakan sebuah rangkaian besi yang tampak seperti lembaran kawat yang sengaja dibuat seolah saling berpotongan antara satu dengan yang lainnya.

Lebih lanjut, menurut Dandim, besi wiremesh digunakan dalam pembangunan jalan rabat beton TMMD Kodim 0716/Demak dengan tujuan sebagai penguat atau tulangan cor. Hal ini dikarenakan besi wiremesh atau yang dikenal dengan sebutan anyaman besi ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menahan beban.

“Dalam pembuatan jalan cor beton, memang sudah seharusnya menggunakan besi wiremesh. Apalagi jalan yang kita bangun ini setinggi 0,2 meter dengan lebar 4 meter, sudah tentu kita perkuat dengan anyaman besi ukuran 10,” tegas Dandim ditemui di lokasi TMMD, Jumat (05/08/2022).

Dikatakannya, di dalam dunia konstruksi, tidak ada bagian atau komponen yang tidak memiliki manfaat. Seluruh bagian yang terdapat di dalamnya semua saling berkaitan satu dengan yang lainnya dan memiliki peran untuk membuat bangunan menjadi lebih kokoh dan sempurna. Sama halnya dengan penggunaan besi wiremesh dalam pengecoran jalan TMMD.

“Oleh karenanya, sebagian dari anggota Satgas kita berikan tugas mengayam besi untuk tulangan cor jalan. Sehingga semua anggota memiliki peran dalam TMMD Kebonagung ini,” imbuh Dandim.

“Suatu pekerjaan apabila dilakukan secara bersama-sama, saling gotong royong akan terasa ringan, sehingga dalam pengerjaan pembangunan jalan rabat beton ini bisa cepat selesai, dan nantinya bisa segera dinikmati oleh warga masyarakat,” tutupnya.

Reporter : Nurhudi

Editor : iin indi