1380 Views
oleh

Jangan Ragu Pilih Asuransi All Risk, Inilah Pertanggungan yang Akan Anda Dapat

Keselamatan berkendara tentunya menjadi prioritas utama setiap pengendara mobil. Meski begitu, ada banyak risiko terjadinya kecelakaan ataupun kehilangan mobil yang tidak bisa terhindarkan.

Karena itu, Anda perlu mengasuransikan mobil Anda sebagai jaminan jika terjadi hal-hal tidak terduga saat berkendara. Lalu asuransi seperti apa yang cocok untuk mobil Anda?

Secara umum, perusahaan asuransi menyediakan dua jenis layanan asuransi mobil yang bisa Anda pilih, yakni asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil TLO (Total Loss Only). Kedua jenis asuransi ini memiliki pertanggungan berbeda dengan besaran premi yang juga berbeda.

Meski besaran premi yang perlu dibayarkan asuransi All Risk lebih besar dari besaran asuransi TLO, asuransi All Risk banyak dipilih karena cakupannya yang luas.

Buat lebih jelasnya mengenai layanan asuransi mobil All Risk serta pertanggungannya, mari simak dalam pemaparan berikut ini :


Layanan Asuransi Mobil
Seperti yang Anda tahu, bahwa ada banyak hal tidak terduga yang bisa membuat mobil Anda mengalami kerusakan, seperti kecelakaan lalu lintas, kelalaian saat berkendara, bencana alam, kerusuhan warga, dan hal lain yang berpotensi merusak mobil.

Sebagai pemilik kendaraan, asuransi mobil merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan, layanan asuransi mobil akan memberikan Anda ganti rugi biaya perbaikan jika terjadi sesuatu pada mobil Anda, baik itu rusak karena kecelakaan, kerusuhan ataupun saat Anda kehilangan mobil.

Asuransi bisa memberikan ganti rugi atas berbagai kerusakan yang terjadi pada mobil Anda, baik kerusakan mobil parah atau kerusakan kecil yang hanya lecet-lecet saja.

Seperti dipaparkan sebelumnya, perusahaan asuransi menyediakan dua jenis layanan asuransi mobil yang bisa Anda pilih, yakni asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Kedua jenis asuransi tersebut memiliki kriteria masing-masing untuk setiap mobil yang akan diasuransikan, sehingga Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal dengan baik sebelum memilih salah satu layanan asuransi tersebut.

Jika Anda mencari asuransi mobil yang bisa meng-cover ganti rugi kerusakan mobil dari kerusakan kecil hingga kerusakan parah dengan usia mobil kurang dari 12 tahun, lebih baik pilih asuransi All Risk saja.

Pasalnya, layanan asuransi lain yakni TLO hanya bisa diklaim jika mobil Anda mengalami kerusakan lebih dari 75% dengan usia kendaraan 0-10 tahun dan mobil bekas yang berusia tidak lebih dari 20 tahun.
Pertanggungan Asuransi All Risk. Seperti dijelaskan sebelumnya, meski besaran premi yang perlu dibayarkan asuransi All Risk lebih besar dari asuransi TLO, tetap saja asuransi All Risk sangat direkomendasikan untuk Anda.

Terlebih, dengan pertanggungan asuransi yang cukup luas dengan nilai limit yang telah diatur dalam polis asuransi, seperti

  1. Pemberian ganti rugi perbaikan mobil akibat terjadi kerusakan atau kerugian yang resikonya telah dijamin polis asuransi.
  2. Kerusakan yang mendapat pertanggungan disebabkan oleh benturan, tabrakan, terperosok, tergelincir, pencurian, kebakaran dan akibat kecelakaan lainnya.
  3. Ganti rugi diberikan untuk mobil yang mengalami kerusakan akibat bencana alam, seperti banjir, angin topan, tanah longsor, rusaknya mesin karena air yang masuk ke dalam blok mesin, dan lainnya.
  4. Pertanggungan diberikan juga untuk mobil yang rusak akibat terjadi kerusuhan dan huru hara.
  5. Ada juga santunan kecelakaan diri kepada pengemudi atau penumpang yang mengalami cedera badan berupa biaya perawatan dan pengobatan, serta santunan kecelakaan diri saat terjadi kematian.
  6. Perbaikan mobil dilakukan di bengkel resmi dan umum yang sudah menjadi rekanan perusahaan asuransi.
  7. Bisa juga digunakan layanan Emergency Roadside Assistance dan mobil derek jika Anda memerlukannya.
  8. Santunan uang penggantian untuk mobil Anda yang mengalami kerusakan minor.

Tentunya tidak semua perusahaan asuransi memberikan semua manfaat pertanggungan tersebut, jadi Anda perlu memastikan terlebih dahulu apa saja manfaat dasar dan manfaat jaminan perluasannya yang berlaku pada setiap polis yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Lalu, bagaimana dengan biaya asuransi All Risk? Melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2017, telah ditentukan besaran rate premi asuransi untuk kendaraan bermotor dan tambahan jaminan perluasan.

Besaran asuransi tersebut bergantung pada harga kendaraan dan wilayah pelat kendaraan Anda, untuk wilayah terbagi menjadi 3 kategori yakni wilayah 1 untuk Sumatera dan kepulauan sekitarnya, wilayah 2 meliputi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten, dan wilayah 3 yang cakupannya seluruh Indonesia kecuali wilayah yang sudah termasuk dalam kategori 1 dan 2.

Sedangkan harga kendaraan sebagai penentu besaran asuransi All Risk yang perlu dibayarkan terbagi dalam 5 kategori, yaitu
• Kategori 1 dengan harga mobil maksimal Rp125 juta
• Kategori 2 dengan harga mobil sekitar Rp125 juta-Rp200 juta
• Kategori 3 dengan harga mobil sekitar Rp200 juta-Rp400 juta
• Kategori 4 dengan harga mobil sekitar Rp400 juta-Rp800 juta
• Kategori 5 dengan harga mobil lebih dari Rp800 juta

Nah, itulah beberapa manfaat dasar yang akan Anda dapatkan saat akan mengasuransikan mobil di perusahaan asuransi terbaik yaitu Duit Pintar.

.