331 Views
oleh

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Terkagum Ada Singapura di Kota Pendekar

Kota Madiun || bratapos – Kota Madiun kembali mendapat kunjungan pejabat penting. Kali ini, giliran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang berkunjung ke Kota Pendekar, Rabu (27/7/2022) Mas menteri sengaja datang setelah mendapat kabar tentang perubahan Kota Madiun dari putra mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Azrul Ananda yang merupakan teman baik Menparekraf. Benar saja, Menparekraf mengaku sangat terkagum dengan keindahan Kota Madiun.

‘’Saya sangat takjub dan terkagum ada Singapura di Kota Madiun. Ini bisa menjadi urban tourism yang sedang kita kembangkan,’’ ucap Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga, Kota Madiun tertatat rapi dan apik. Belum lagi pengembangan kawasan patung Singapura ke depan yang terkoneksi dengan kawasan musala Ka’bah, melalui koridor bawah. Hal itu dinilai Menparekraf akan menarik ke depan. Selain itu, Kota Madiun akan menjadi magnet wisatawan yang kuat apalagi jika disandingkan dengan produk-produk ekonomi kreatif.

Wakil Walikota Madiun Indah Raya, Walikota Madiun Maidi, Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (dilihat mulai kiri)

‘’Semakin bisa dikembangkan. Di sini sudah ada pecel, mungkin nanti bisa ditambah fashion dan dikolaborasikan dengan kriya,’’ imbuhnya.

Manparekraf juga melakukan city tour dengan mengendarai Madiun Bus on Tour (Mabour). Tidak hanya berkunjung ke kawasan Sumber Wangi, Menparekraf juga melihat progres wisata kuliner dalam kereta di Bogowonto, Lapak UMKM Bumi Semendung Kelurahan Klegen, dan Edupark Ngrowo Bening untuk mencicipi madu. City tour ditutup dengan makan di Pecel 99. Menparekraf memang sudah ingin mencicipi pecel.

‘‘Madiun ini bisa menjadi magnet terhadap beberapa komunitas untuk menggelar MICE (Meeting Incentive Convention Exhibition),’’ tegasnya.

Bahkan, Menparekraf langsung mengusulkan Kota Madiun untuk menjadi tuan rumah salah satu event nasional. Menparekraf menyilahkan Kota Madiun untuk mengusulkan event berskala nasional dan akan dimasukkan dalam kalender event nasional. Bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan menjadi event skala internasional.

‘’Saya titip dua hal kepada pak wali, yang pertama event. Kita harus punya event nasional di sini. Mungkin bisa dikembangkan ke skala internasional dan tahunan. Kedua terkait konsep kota kreatif. The Warrior City,’’ ungkapnya.

Wali Kota Maidi mengaku bakal segera menindaklanjuti arahan Menparekraf tersebut. Bahkan, adanya kesempatan itu membuat wali kota semakin bersemangat. Wali kota juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan ke Kota Pendekar.

‘’Terima kasih, dan tentu saja ini menjadi semangat kami untuk lebih baik lagi ke depan dalam menata dan mengembangkan dari yang sudah berjalan, ataupun yang baru kita jalankan,” pungkas WaliKota.

Reporter : Jhon Mongaz
Editor/ Publisher : A. Estika