530 Views
oleh

DPD PKN Bersama KOPMAS Gelar Pelatihan Advokasi Masyarakat Kesehatan, DiKota Tangerang

TANGERANG II Bratapos com – Menyikapi permasalahan yang terjadi dimasyarakat belakangan ini, Dewan Pengurus Daerah Pemuda Karya Nasional (DPD PKN-Banten) bersama Koalisi Perlindungan Kesehatan Masyarakat (KOPMAS) selenggarakan giat Sosialisasi Pelatihan Advokasi Masyarakat Untuk Mendapati Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat, yang dilakukan di Kedai Kopi Argo Jalan Shinta Karawaci, Teuku Umar, Kota Tangerang-Banten. Senin (25/07/2022).

Hadir dalam acara Sosialisasi Pelatihan Advokasi Masyarakat Untuk Mendapati Pelayanan Kesehatan, Ketua Umum KOPMAS. Rita, menjelaskan bahwa sosialiasi ini dilakukan sejak Tahun 2018 dan sudah menyeluruh hampir seluruh kota/Kabupaten di Indonesia agar masyarakat bisa mendapatkan hak pelayanan masyarakat, dimana pelatihan ini dilakukan hanya untuk kesehatan.

” masyarakat kita harus lebih banyak mengenal yang namanya gizi seperti kita ketahui SKM atau Susu Kental Manis ia adalah susu yang baik untuk toping / olahan makanan.dimana susu ini mengandung kadar gula berlebih,jadi bukan termasuk susu Formula untuk pertumbuhan gizi yang baik. Walaupun di indonesia sudah dikenal 1 abad lebih dalam menggunakannya, jadi masyarakat perlu memahaminya,” ucap Rita.

Tambahnya, Tujuan nya adalah bagaimana masyarakat Indonesia kedepan bisa cerdas dan berkwalitas. saat ini Relawan Kopmas melihat sangat miris dengan gizi yang kurang terlihat pada kebanyakan masyakat kita belakangan ini, khususnya terutama anak anak Indonesia agar bisa terbentuk dengan baik, agar negara kita memiliki generasi yang sehat dan kuat.

” awalnya kami melihat ada beberapa kejadian yang menimpa pada masyarakat kita yang kena musibah sakit, tetapi ia bisa tidak terlayani dalam pelayanan kesehatan, sehingga menjadi kendala,” tambahnya.

Hal ini juga diakui oleh Zahara Tanjung. ST. Ketua DPD PKN (Pemuda Karya Nasional) Banten, mengatakan bahwa sosialialisasi yang dilakukan oleh Koaliasi Perlindungan Kesehatan Masyarakat (KOPMAS) bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait dengan pelayanan kesehatan dibeberapa daerah yang sering terjadi belakangan ini.

” bentuk Sosilisasi tentang Pelatihan Advokasi Pelayanan Masyarakat Tentang Pelayanan Kesehatan sudah dilakukan dibeberapa daerah seperti Jogjakarta, Lampung, Cirebon, Surabaya, Karawang dan Bekasi, dimana pihaknya dalam giatnya telah berkoordinasi dengan pihak BPJS masing masing wilayah se Indonesia,” tandas Zahara.

Lanjutnya, bahwa KOPMAS ini berdiri berdasar dorongan hati nurani para relawan dengan latar belakang yang berbeda beda dan Pihaknya bekerja sama pihak GCG , dimana para anggota KOPMAS di dominasi oleh kaum perempuan, karena dinilai mudah diajak bekerja sama dan rapih.

Reporter. : Suhartini
Edit/Publis : Soleh