201 Views
oleh

Tiga Pilar Lumajang Hadiri Peresmian Masjid Al-Barizy

LUMAJANG//Bratapos.com- Setelah melalui proses pembangunan hampir dua tahun, ahirnya pembangunan masjid jami’ AL-Barizy di Kelurahan Citrodiwangsan Jalan Swandak Barat Kabupaten Lumajang, tepatnya Kamis tanggal 21 Juli 2022 di resmikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Hal tersebut dinyatakan
dengan adanya penandatanganan prasasti dan penabuhan beduk antara lain oleh perwakilan Polres Lumajang, Dandim 0821 juga ketua Dewan H.Anang Akhmad Syaifuddin dari fraksi PKB.

Dalam peresmian masjid Al-barizy, tersebut di hadiri oleh undangan sekitar kurang lebihnya 1500 orang dari berbagi daerah, termasuk para alumni santri dari KH.Barizy Hasbullah.

Menurut Gus Muhammad zacky atau biasa di panggil Gus Muh putra dari alamarhum KH.Barizy Hasbullah yang sekaligus merupakan ketua takmir masjid mengatakan, bahwa pembangunan masjid ini murni dari swadaya masyarakat, tidak ada bantuan dari pemerintah sama sekali, Apalagi bantuan dari luar negeri. Pembangunan masjid ini lebih cepat selesai karena antusias masyarakat yang banyak menyumbang.

“Meskipun pembangunan masjid ini peletakan batu pertama hadir bapak bupati juga ketua dewan dan sekarang peresmiannya juga beliau- beliau yang hadir tapi pembangunan masjid Jami’ AL-Barizy murni dari swadaya masyarakat tidak ada sumbangan dari pemerintah, kalaupun mungkin bapak bupati dan bapak ketua dewan menyumbang itu atas nama pribadi”ujar Gus Muh dalam sambutannya.

Sementara itu Bupati Lumajang dalam sambutannya membenarkan kalau proses pembangunan masjid Jami’ AL-;Barizy termasuk cepat. Meskipun dibangun murni dengan swadaya masyarakat tidak ada bantuan dari pemerintah .Antusias masyarakat dalam menyumbang pembangunan masjid ini sangat tinggi, sehingga proses pembangunan masjid ini lebih cepat selesai.

“Saya setiap lewat di sini selalu melihat sampai dimana pembangunan masjid ini, walaupun saya tidak berhenti kalau lewat sini saya selalu melihat perkembangan pembangunan masjid Jami’ AL-Barizy ini,
saya bangga kepada panitia pembangunan masjid ini, walaupun dengan swadaya masyarakat tapi bisa menyelesaikan pembangun dengan cepat. Ada masjid yang di bangun mulai jaman saya kuliah sampai sekarang belum selesai,”katanya.

Selain acara peresmian juga ada ngaji bareng dengan Gus Abdulrahman Kautsar atau biasa di panggil Gus Kautsar
Dalam tausiianya atau sambutannya Gus Kautsar juga merasa senang dengan peresmian masjid ini, semoga masyarakat yang menyumbang proses pembangunan masjid Jami’ AL- Barizy ini baik yang kecil atau yang besar, baik yang ikhlas atau kurang ikhlas akan mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT.juga mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.

“Dalam menyumbang pembangunan masjid jangan menunggu kita merasa bisa ikhlas atau belum, yang penting kita niat menyumbang agar pembangunan masjid bisa cepat selesai, kalau bisa menyumbang besar itu lebih baik. Panitia pembangunan akan lebih senang sumbangan 100 juta, walau katanya kurang ikhlas dari pada sumbangan 10 ribu, yang katanya ikhlas,”Pungkasnya Gus Kautsar dengan kesan guraunya.

Reporter: Kabiro Lumajang (Unang)

Editor/Publisher:Shelor