264 Views
oleh

Program P3-TGAI di Desa Karangreja, Seperti Ini Tanggapan Petani

BEKASI || Bratapos.com Dalam rangka perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani, yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mengadakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI,) yang bertujuan dari P3-TGAI untuk meningkatkan kinerja Layanan Irigasi Kecil, Irigasi Desa dan Irigasi Tersier.

Seperti kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna  yang diterima dan dilaksanakan oleh Kelompok Tani P3A Karangreja Sinar  Asih di Kampung Bakung Kulon RT.12/06 Desa Karangreja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten  Bekasi, Jawa Barat, yang diapresiasi oleh warga masyarakat petani sekitar.

Disampaikan Sakum Abdul Jabar (Petani) warga sekitar, dirinya sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan adanya Program tersebut.

” Saya sangat mendukung dan berterima kasih dengan  kegiatan ini, kalau bisa dari ujung sampai ke ujung dibangun, biar warga petani dapat dengan mudah mengatur sirkulasi air sesuai kebutuhan, masuk dan keluarnya air ke persawahan dapat diatur dengan baik, ” kata Sakum di lokasi kegiatan.

Tiko Fajar Somahartadi, (PPK OP IV) bersama Bagus Winaldi Konsultan Manajemen Balai (KMB) menjelaskan, sasaran dari P3-TGAI adalah pemberdayaan P3A, GP3A dan IP3A dalam kegiatan teknis perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi. Perbaikan irigasi dilakukan untuk mengembalikan fungsi saluran atau bangunan irigasi.

” Harapan Saya  dengan adanya kegiatan ini, peserta yang hadir dapat memahami tugas dan tanggung jawab sehingga mampu menumbuhkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan dan peningkatan Jaringan Irigasi, ” Jelasnya.

Sementara itu, Asep Ketua Kelompok Tani P3A Karangreja Sinar Asih mengatakan, dirinya sangat berterimakasih kepada Partai PDI Perjuangan atas aspirasinya.

“Kepada rekan – rekan di lapangan baik dari lembaga maupun rekan media, yang sudah memberikan masukan baik saran maupun kritikan, sehingga kami dapat mengevaluasi segala bentuk kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan Program P3-TGAI,”tutupnya.

Reporter : wro
Publisher : Brata Pos Jabar