600 Views
oleh

HUT – 104 Kota Madiun Ratusan Keris Hingga Proses Pembuatan Pusaka Dipamerkan

Kota Madiun || bratapos.com – Kota Madiun menggelar Event “Pameran Pesona Pusaka” dalam memeriahkan HUT kota Madiun ke 104, event ini digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) kawasan Stadion Wilis Kota Madiun, mulai 1-3 Juli 2022.

Disini Ratusan benda pusaka dari berbagai penjuru nusantara dipamerkan dalam pameran pusaka yang dihelat Pemerintah Kota Madiun melalui Disbudparpora Kota Madiun.
Pameran ini mempertontonkan ratusan benda pusaka seperti Keris, barang antik, batu akik, dan pusaka lainnya yang berasal dari Madiun, Surabaya, Solo, Jakarta, dan Banyuwangi.

Diikuti oleh sekitar 50 komunitas keris dan pemerhati pusaka.
Selain memperlihatkan ratusan benda pusaka, dalam pameran yang merupakan rangkaian Hari jadi 104 Kota Madiun ini juga diisi dengan Sarasehan Pusaka dan sharing season pusaka dengan tema “Melestarikan Kebudayaan Membangun Peradaban Kota”.

Menghadirkan pemateri diskusi Rico Cahyono youtuber etnik Indonesia channel, Mpu Basuki Teguh Yuwono dari ISI Surakarta, dan Agung Guntoro Dir lembaga Sertifikasi profesi Perkerisan Indonesia.

Keris Jalak Ngore dalam acara pameran pesona pusaka

Bahkan, para pengunjung juga disuguhi praktek pembuatan keris yang dilakukan langsung oleh murid-murid Mpu Basuki.

Wali Kota Madiun Maidi yang mengunjungi pameran pusaka ini mengaku sangat mendukung adanya kegiatan yang berkorelasi dengan pelestarian budaya bangsa. Karena keris merupakan salah satu khasanah budaya bangsa yang perlu dijaga, dilestarikan dan dikenalkan kepada generasi penerus.

Wali Kota menambahkan, budaya-budaya zaman dahulu yang membawa perkembangan seni harus dilestarikan. Jangan sampai generasi penerus tidak tahu. Padahal, budaya-budaya seperti Keris ini sangat dulu sangat menjadi andalan.

“Jangan sampai budaya keris tergerus kemajuan zaman, tapi tetap dilestarikan. Untuk melestarikan ya anak-anak dikenalkan, bahwa keris itu tidak menakutkan tetapi keris itu hasil karya seni,” kata Wali Kota Maidi, Sabtu (2/7/2022) malam.

Sementara, Mpu Basuki Teguh Yuwono mengapresiasi langkah Pemkot Madiun yang telah menggelar pameran pusaka ini. Menurutnya, event ini merupakan langkah strategis dalam pelestarian budaya Perkerisan. Kegiatan ini sangat komplit. Ada workshop Perkerisan yang mengenalkan soal teknologi, pameran berbagai keris dari era Kediri, Majapahit, Mataram dan lain sebagainya. Ada juga bursa keris sebagai bagian dari ekonomi kreatif juga disuguhkan dalam pameran ini.

Kegiatan semacam ini perlu terus digaungkan serta diimbangi dengan kemasan publikasi dunia Perkerisan yang mudah dipahami oleh generasi milenial sekarang yang lekat dengan dunia digital. Sehingga keris bukan semata-mata Event bertajuk “Pameran Pesona Pusaka” ini digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) kawasan Stadion Wilis Kota Madiun, mulai 1-3 Juli 2022. karya cipta masa lampau, tapi justru keris menjadi jembatan atas satu generasi ke generasi yang lain.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan terus membumi di Kota Madiun dan seluruh Nusantara bahkan dunia,” harapnya.

Reporter : Jhon Mongaz
Publisher : A. Estika

Writer: Jhon MongazEditor: A. Estika