76 Views
oleh

Bupati Tapsel Tegaskan : Penanganan Peredaran Narkotika Harus Dimulai Dari Pencegahan

Tapanuli Selatan, Sumut, Bratapos.com – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, menyampaikan bahwa, penanganan terkait peredaran narkotika harus dimulai dari pencegahan.

Pencegahan sendiri, kata Bupati, harus dimulai dari sekup keluarga yang harmonis, penuh kedamaian, ketentraman, kasih sayang, serta mampu menanamkan tata nilai, jika narkoba itu berbahaya.

“Keluarga yang harmonis itu merupakan benteng paling kokoh dalam mencegah penyebaran narkoba,” kata Bupati disela puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 yang digelar BNNK Tapsel, Senin (27/6/2022) pagi di Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan.

Bupati juga menjelaskan, dalam rangka penanganan penyalahgunaan dan pecandu narkotika tidak ada jalan lain kecuali lewat upaya pemulihan dan rehabilitasi. Untuk itu, Bupati mengimbau bagi masyarakat di Tapsel yang sudah terlanjur terjerat oleh narkoba segera berhenti dan melaporkan diri ke BNNK untuk mendapat rehabilitasi.

“Bagi keluarga yang tidak mampu jangan khawatir, karena pemerintah telah siapkan anggaran bantuan biaya rehabilitasi bagi keluarga tidak mampu sebesar Rp2 juta per bulan,” jelas Bupati.

Terkait program kolaborasi antara BNNK, Polres dengan Pemkab Tapsel maupun stake holder lainnya, rencananya akan dicanangkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) ke Desa Sibongbong, Siamporik Dolok, dan Siamporik Lombang.

Maka dari itu, Bupati mengimbau, agar tingkatkan sinergitas dalam membangun desa yang bersih narkoba di kampungnya masing-masing.

Pada kesempatan itu, Bupati menegaskan bahwa, balasan yang setimpal untuk bisa menghentikan aksi bandar, gembong, atau penjahat narkotika, hanyalah hukuman mati.

Menurut Bupati, pemberian hukuman mati bagi penjahat narkotika, merupakan hukuman yang konstitusional dan tidak bertentangan dengan HAM.

“Hukuman mati kepada penjahat narkotika harus tetap ditegakkan dalam rangka menyelamatkan dan melindungi rakyat Indonesia dari ancaman narkotika,” tegas Bupati.

Reporter : Mahmud Nasution

Pubhliser : Irwansyah