91 Views
oleh

Sosialisasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Ngablak Agar Tidak Salah Sasaran

Kabupaten Kediri || bratapos.com – Senin 27/06/2022, berlokasi di Gedung Serbaguna Desa Ngablak Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, dilaksanakan sosialisasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Acara ini dihadiri Kepala Desa Ngablak, DPRD Kabupaten Kediri, Sekcam Kecamatan Banyakan, Pendamping BSPS, Babinsa, Babinkamtibmas, Perangkat Desa, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kediri (Perkim) penerimaan BSPS sebanyak 14 orang dan pendamping warga penerima BSPS.

Mengawali kegiatan tersebut Kepala desa Ngablak dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pihak – pihak terkait serta mengajak masyarakat Desa Ngablak untuk memanfaatkan bantuan ini sebaik – baiknya guna meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya.

Kemudian pemaparan materi sosialisasi oleh Dinas Perkim Kabupaten Kediri dan pendamping BSPS lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab calon penerima bantuan BSPS.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan/peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum.

Program yang dicanangkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini dilaksanakan untuk mengurangi jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan untuk memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman.

Proses pemilihan penerima BSPS ini merupakan usulan dari desa setempat yang akan diteruskan kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR, dan nanti usulan dari desa tersebut akan ditindak lanjuti oleh Kementerian dan yang menentukan adalah pihak kementerian sendiri berapa jumlah yang disetujui.

Nantinya hasil verifikasi lapangan akan dilaporkan kembali ke Desa, dengan skala prioritas, dan nanti hasilnya diharapkan dapat disetujui melalui rembuk Desa, sehingga penerima BSPS benar-benar tidak salah sasaran.

Wartawan : Murianto, Ari, Heni
Publiser : A. Estika

Writer: Murianto, Ari, HeniEditor: A. Estika