96 Views
oleh

Gudang Shabara dan ruang Reskrim Mapolres Kediri Kota Terbakar

Kabupaten Kediri || bratapos.com – Kebakaran hebat melahap Markas Kepolisian Resor Kediri Kota, pada Senin (27/06/2022) sore. Gudang Shabara dan ruang Reskrim yang berisi berkas, kendaraan operasional dan juga senjata di lalap si jago merah.

Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi mengatakan kebakaran sekitar pukul 16.00 WIB, dugaan sementara kebakaran berasal dari hubungan arus pendek di ruang penyimpanan peralatan Sabhara. “Berasal dari arus pendek, setengah jam sudah terkendali,” kata AKBP Wahyudi yang memimpin langsung proses pemadaman.

Peristiwa itu pertama kali diketahui oleh Sutikno, pedagang buah di Pasar Bandar, Kota Kediri. Dia melihat api muncul dari kabel di dekat jendela mengarah ke dalam, yang diduga merupakan kabel AC. Setelahnya sutikno langsung berlari mencari polisi.

Dia menuju lokasi berkumpulnya polisi. Tapi dia tidak mendapati satupun anggota. Salah satu pembeli Sutikno berlari ke arah penjagaan yang ada di sisi barat. Tetapi api sudah terlanjut membesar dan membakar seluruh bagian gudang. “Dari kabel listrik itu, (di dekat jendela gudang) api kecil tapi di dalam sudah besar,” kata Sutikno.

Api yang membesar sempat menyambar sebagian ruangan Satuan Reserse Kriminal di sebelahnya. Sementara itu, banyaknya material yang mudah terbakar, membuat petugas cukup sulit untuk menjinakkan api.

Di dalam gudang berisi inventaris sepeda motor patroli Sabhara serta peralatan pengendalian huru hara (PHH), termasuk di antaranya pelontar granat gas air mata berikut amunisinya.

Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, sedikitnya empat unit mobil pemadam kebakaran dari Pasukan Mencegah Kebakaran (PMK) dan Gudang Garam serta kendaraan taktis BPBD Kota Kediri terlihat berada di lokasi.

Petugas berjibaku memadamkan api yang terus membesar dan berkat kesigapannya api berhasil dipadamkan setelah petugas menjebol atap.

Pantauan hingga menjelang magrib, api sudah mulai padam. Namun begitu, proses pembasahan masih terus dilakukan untuk memastikan tak ada lagi titik api yang muncul. Untuk memudahkan mobilitas petugas, arus lalu lintas menuju ke Mapolres Kediri Kota ditutup sementara.

Terlihat ada sejumlah kendaraan roda dua di dalam gudang yang telah hangus. Tameng, tas berisi perlengkapan, berkas, pelontar granat dan amunisi gas air mata. Serta perlengkapan lainnya yang saat itu berusaha diangkut dengan mobil Pengendalian Masyarakat (Dalmas).

Namun kebakaran tidak sampai mengakibatkan bahan peledak yang disimpan di dalam gudang meledak karena petugas dengan cepat berhasil memadamkan kobaran api.

Wartawan : Susilowati, Heni
Publiser : A. Estika

Writer: Susilowati, HeniEditor: A. Estika