oleh

Pembebasan Lahan Sudah Selesai, H.Nur Chaidir : Ruas Jalan Cikarang-Cibarusah Segera Diperbaiki

Ket. Plt Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Bekasi. H.Nur Chaidir.

BEKASI || Bratapos.com- Proses pembebasan lahan ruas Jalan Cikarang- Cibarusah yang akan dilebarkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, selesai dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Dilnasir Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir mengatakan, pengerjaan ruas jalan provinsi tersebut dijadwalkan akan segera dikerjakan pada tahun 2022 ini.

“Untuk tahapan pembebasan lahan, sekarang sudah selesai. Jadi dalam penyelesaiannya, ada beberapa yang kita koordinasikan dengan pengadilan. Karena, alasannya yang bersangkutan ada di luar negeri,” ujar Nur Chaidir saat ditemui di Ruang Rapat Bupati, Gedung Bupati, Komplek Pemerintah Daerah (pemda), Kecamatan Cikarang Pusat, pada Selasa (23/5/2022).

Sebelumnya, kata dia, pada tahapan pembebasan lahan sempat terkendala, karena ada beberapa lahan yang pemiliknya berada di luar negeri, dan ada beberapa lainnya berkaitan dengan tanah wakaf.

Namun, dengan semua tahapan pembebasan yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi, kaitan rencana pelebaran Jalan Provinsi bisa berjalan baik.

“Sekarang sudah selesai. Yang tidak bisa hadir jadi kita titipkan ke pengadilan. Terus ada beberapa yang kaitannya dengan tanah wakaf, kita pun sudah berproses kaitannya dengan pengganti tanah wakaf tersebut,” jelasnya.

Dia mengatakan, pelaksanaan pengerjaan akan dilakukan dalam waktu dekat. Tahapan Koordinasi dengan Provinsi Jawa Barat sudah dilakukan, dan dalam proses pengerjaan sudah kontrak, dikerjakan di tahun 2022.

“Untuk kapan pelaksanaan jalan provinsi, dan hari ini sudah dirapatkan dengan pihak Provinsi Jawa Barat. Mungkin dalam waktu dekat akan mulai dikerjakan karena sudah ada kontrak. Untuk mengerjakan itu di tahun ini. Dalam waktu dekat akan ada Grand opening, dimulainya pengerjaan,” tukasnya

Pembebasan lahan, untuk jalan Provinsi tersebut mencapai 17 bidang lahan. Lokasinya, berada di dua desa yakni Desa Sukadami dan Desa Serang, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi dengan luas lahan mencapai 1.273 meter persegi.

Pelebaran Ruas Jalan Cikarang-Cibarusah diharapkan mampu mengatasi persoalan kepadatan lalu lintas akibat tingginya volume kendaraan yang melintas setiap harinya hingga menyebabkan beban jalan tidak mampu menampung jumlah kendaraan dan berakibat kemacetan. (*)

REKOMENDASI UNTUK ANDA