2866 Views
oleh

Diduga Selewengkan Bantuan Peralatan Pertanian, Mantan Gapoktan Diadukan Ke Polisi

GRESIK || Bratapos.com. Mantan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) inisial (LP) Desa Tambakrejo, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik Jawa Timur diadukan ke Polres Gresik, Kamis 31 Maret 2022. Dalam pengaduannya oleh aliansi petani Tambakrejo ke Polisi, atas dugaan korupsi bantuan peralatan pertanian senilai Rp.150 Juta.

Mereka tiba di kantor Polres Gresik sekitar jam 09.00 wib sambil membawa barang bukti berupa berkas. Mereka langsung masuk ke ruang penyidik Unit II Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Gresik. Para pengadu langsung dimintai keterangan oleh penyidik. Sekitar jam 12.00 wib, mereka keluar dan meninggalkan kantor Polres Gresik.

Dalam berkas yang dijadikan barang bukti, Gapoktan Desa Tambakrejo Kecamatan Duduksampean mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan dari Pemerintah Pusat. Bantuan peralatan pertanian berupa traktor roda, pengering, pompa air dan pengering padi, pada tahun 2011 sampai 2019.

“Dari puluhan peralatan pertanian tersebut, hanya dilaporkan lima unit. Sehingga, kita laporkan ke Polres Gresik. Padahal, nilai aset totalnya mencapai Rp 150 Juta,” kata seorang petani Tambakrejo yang enggan disebutkan namanya dan tergabung dalam Aliansi Petani Tambakrejo.

Begitu juga disampaikan petani lain, bahwa bantuan-bantuan tersebut tidak diketahui keberadaannya. Sehingga, anggota kelompok tani curiga bahwa alat tersebut telah dikorupsi. “Bantuan peralatan pertanian tersebut tidak ada. Sehingga, kita melaporkan ke Polres Gresik. Sebab, kawatir bantuan tersebut dikorupsi,” katanya.

Sementara, Kanit Tipikor Polres Gresik Ipda Ketut Raisa membenarkan para petani mengadukan dugaan korupsi peralatan pertanian. Yang diadukan mantan Gapoktan inisial LP. “Masih dalam pengaduan. Nanti, semuanya akan dimintai keterangan,” kata Ketut Raisa.

Semetara terlapor inisial LP menepis jika peralatan pertanian dikorupsi. Sebab barangnya ada, bahkan sudah di cek oleh dinas pertanian. “Semuanya sudah beres. Bahkan sudah dilakukan serah terima dengan ketua Gapoktan yang baru. Pihak Dinas pertanian sudah cek barang-barangnya,” ujarnya. Jumat 1 April 2022.

Pewarta: Jamal Sintaru