24 Views
oleh

Posko Dapur Umum, Ditinjau langsung Kabaharkam Polri

LUMAJANG//Bratapos.com- Setelah sebelumnya ditinjau oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, kini, dapur umum dan posko darurat yang didirikan oleh pihak Polres Lumajang di beberapa Balai Desa, ditinjau langsung oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto. Senin, 06 Desember 2021 siang.

Dengan didampingi Kapolres, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan Mabes Polri itu meninjau berbagai kesiapan yang sudah dilakukan oleh pihak Polres dalam upaya penanggulangan bencana yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kabaharkam juga meninjau Ponpes Ulul Albad, Koperasi PGRI Candipuro dan Lapangan Sumberwuluh,” ujar Kapolres.

Tak lupa, kondisi kesehatan para pengungsi pun jadi prioritas utama dalam peninjauan yang dilakukan Jenderal Polisi dengan bintang 3 di pundaknya itu.

“Prioritas Kabaharkam dalqm kunjungannya adalah ketersediaan fasilitas di lokasi pengungsian, harus betul-betul tersedia. Pelayanan kesehatan harus maksimal, maka kami siap siagakan semua,” imbuh Kapolres.

Untuk diketahui, selain dapur umum dan posko darurat milik Polres, di lokasi itu juga tersedia mobil dapur umum milik Brimob Polda Jatim. Keberadaan mobil dapur itu, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi korban erupsi Gunung Semeru.

Kapolres pun memastikan, keberadaan berbagai fasilitas darurat yang ditujukan bagi para pengungsi itu, nantinya akan disediakan hingga penanggulangan bencana dinyatakan selesai. “Pelayanan ini kita berikan sampai kondisi lokasi pasca erupsi, benar-benar sudah pulih,” bebernya.

Dalam kesempatan itu pula Kapolres menyampaikan perkembangan situasi terakhir hari ini. Sampai saat ini jumlah korban yang berhasil di evakuasi sebanyak 64 alami luka ringan maupun berat yang juga perlu mendapatkan perawatan secara intensif yang sudah dilarikan ke Rumah Sakit terdekat.

“Sedangkan korban yang meninggal dunia sampai saat ini, Senin (6/122/2021) siang, berjumlah 17 orang yang sudah berhasil di evakuasi,” pungkasnya.

Selain itu Bag Psikologi , Biddokkes Polda Jatim dan Ditlantas Polda Jatim, melakukan Trauma Healing kepada anak – anak korban erupsi gunung semeru. Baik yang berada di lokasi Pondok pesantren Ulul Albab Candipuro dan yang ada di Koperasi Dwija Raharja, Balai Desa Penanggal serta Kecamatan Candipuro,” Pungkasnya.

Reporter. : Jaka

Editor. : Doris

Publisher. : Shelor