13 Views
oleh

Kelompok Dalail Kairat Di Gampong Lueng Teuku Ben Terbentuk

Suka Makmue // Bratapos.com – Persatuan dan kesatuan yang dilakukan para anak-anak muda dibentuk sebuah kelompok dangan kata lain Group Dalail Khairat.

Kelompok Dala,ai itu yang terdiri dari 15 orang lebih dan bisa mencapai paling banyak 25 orang kata ketua Group Teuku Muhamad Sandri didampingi Herman Kadus Dusun Tiga Lueng Teuku Ben Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya Sabtu Malam (2/11/21), saat ditemui bratapos usai latihan membaca dimenasah Suwak bulouh.

Tgk. M.Sandri lepasan Pesantren Raudatul Jadit Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan beberapa tahun silam.

Sandri juga mengatakan pembentukan dala ai di Desa Lueng Teukun Ben Dusun tiga itu, dilakukan biasanya malam minggu, tapi saat ini dialihkan jadwal menjadi malam Jum, at sebutnya.

Sandri dan adik didikannya dalam kelompok Dala ai itu katanya sangat perlu dibina terus sampai bisa dan lancar dan baikpun lantunan suara dan irama bisa terpadu menjadi satu saat membaca surat Dalail dan sampai bisa tanpa melihat surat dai il Khairat itu.

Tambahnya lagi, memang agak sulit dan susah cara memadu suara karna irama dan nadanya harus seiring dan merasa merdu saat kita dengar ucapnya.

Sementara Diki Maulana ia juga lepasan pesan tren Labuhan Haji dan dan didampingi Andika bersama sejumlah anggota Kelompoknya itu, terus mempelajari baikpun irama dan tata cara melakukan saat pembukaan Surat Dala ai dengan tertip dan sopan, karna dala Ai itu bukanlah mudah dan hura -hura cara membacanya.

Usai membaca dan ngajiannya Dala Ai itu juga belajar melantunkan kasidah-kasidah dan syair merdu yang mengisahkan terhadap orang yang sedang berduka, dengan irama kesedihan dan merasuk kekalbu dan lubuk hati kata Diki dan Andi yang menciptakan berbagai irama.

Muhammad sandri kembali mengulang kata. Dia mengharapkan semoga Kelompok Dala il tersebut terus dibenahi dan selalu kompak jangan sampai padam alias mandek dan belajar terus semoga dengan terbentuk Dala il itu bisa kompak sela lalu dalam kelompok.

Sandri mengharapkan aoabila sudah sip, bisa tampil apabila ada undangan di tempat-tempat kenduri seperti 40 hari ditempat musubah meninggal dunia seseorang dan juga bisa tampil di tempat sunatan-peresmian perkapungan disrputaran kampung di Kecamatan dan umumnya di Kabupaten Nagan Raya-Aceh pintanya Sang Pemimpin Muda itu, Teungku Muhammad Sandri.

Reporter : Heri Yanto

Publisher : dimas