oleh

Wujudkan Keamanan Pilkades, Kapolres Lumajang Sebarkan Ribuan Anggotanya

LUMAJANG// Bratapos.com- Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. melakukan penyebaran lebih dari 1000 anggota jajaran Polri ke berbagai wilayah yang melaksanakan Pilkades serentak di Kabupaten Lumajang, Jawa timur. Kamis (02/12/2021).

Dalam tindakan yang di lakukan Kapolres Lumajang tersebut, yaitu untuk melakukan pengamanan di pelaksanaan Pilkades yang di lakukan serentak di 32 Desa dalam 15 Kecamatan.

Bukan hanya itu, selain melibatkan 949 aparat Kepolisian, pengamanan Pilkades itu nantinya juga di back-up beberapa unsur keamanan lainnya, termasuk diantaranya aparat dari TNI, khususnya Kodim 0821/Lumajang dan Yonif 527/BY.

“Beberapa minggu ini, kita banyak melakukan pengamanan Pilkades. Tidak hanya di Lumajang, tapi di Bondowoso, Jember, Banyuwangi, Sumenep, Probolinggo, dan Tulungagung. Alhamdulillah, aman, tertib dan terkendali,” ujar Kapolres dalam apel Pengamanan Pilkades yang digelar di Alun-Alun Kabupaten Lumajang.

Ia mengatakan, pelaksanaan Pilkades yang aman dan tertib di beberapa daerah itu, harus dijadikan motivasi bagi Masyarakat untuk bisa menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

“949 personel Polri ditambah dari unsur TNI yakni Kodim 0821 dan Yonif 527 Lumajang, sehingga jumlahnya lebih dari seribu personel kami kerahkan. Semua ingin, Pilkades di Lumajang seperti wilayah lain, aman, tertib, lancar dan terkendali,” Tambah Kapolres.

Dirinya mengungkapkan jika selama kurun waktu 3 hari, seluruh personelnya bakal melakukan pengamanan secara all out. Bahkan, ia pun sudah melakukan pemetaan terhadap beberapa tugas dan tanggung jawab yang nantinya harus dilakukan oleh seluruh personelnya.

“Ada 2 tugas. 70 persen pengamanan, dan 30 persen adalah patroli,” Tambahnya.

Selain pengamanan Pilkades, Kapolres mengungkapkan jika personel pengamanan yang nantinya disebar di beberapa TPS itu, diharuskan untuk bisa memahami kondisi dari masing-masing lokasi pengamanan. Bukan tanpa sebab, arahan itu ditegaskan oleh Kapolres sesuai dengan adanya letak dan kondisi geografis di Kabupaten Lumajang saat ini.

“Pergeseran pasukan ke TPS, sudah diatur sedemikian rupa. Pergeseran, disesuaikan dengan letak dan kondisi geografis. Apalagi sekarang musim penghujan. Beberapa wilayah juga rawan bencana, terutama tanah longsor. Bila perlu malam ini bergerak, ya harus bergerak,” Ucapnya.

Bukan hanya membahas soal pengamanan Pilkades saja. Namun, dalam apel itu ia juga menginstruksikan personelnya untuk bisa meningkatkan upaya capaian vaksinasi di setiap Desa.

“Jadi, manfaatkan Warga yang berkumpul di Balai Desa juga, untuk kita himpun untuk mengikuti vaksinasi. Sebab, instruksi dari bapak Presiden, vaksinasi ini harus berjalan maksimal, khususnya di Lumajang,”Pungkasnya.

Reporter : Jaka Pratama tim

Editor: Doris

Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA