oleh

Pegiat Wilis Lestari, Mengadakan Aksi Menanam Pohon

KEDIRI, BrataPos.com – Dalam memperingati hari Menanam Pohon Indonesia  pada tanggal 28 November 2021 di tempat KPH Kalipang, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Pelaksanaan itu dilakukan Pegiat Wilis Lestari.

Mereka bekerjasama dengan dinas terkait, DPRD kabupaten Kediri, Kehutanan, Perhutani, Muspika, sapol pp, TNI, Polri, DLH, Dinas pertanian dan kehutanan, BPBD, DINSOS, Tagana, Pramuka saka Kalpataru, kepala UNP, Mahasiswa Udinus, Tim siaga bencana laras wilis, Suar Indonesian, Rumah hijau daun, Kediri ben resik, pojok rembuk, LPBI NU, LMDH, Nurul Hayat, Alazhar, Bonsai adventure, Desa Wonoasri,RGR, STC, SMKN 1Grogol, SMAN Grogol Adiwiyata, Dinkes Kabupaten Kediri, Karang Taruna KRK, juga beberapa elemen masyarakat dan pihak Desa kalipang.

Dengan aksi tanam di areal Gunung Wilis wilayah  Perhutani KPH Kalipamg, bibit kayu yang ditanam sebanyak 4250 dengan beberapa jenis kayu yang di tanam kayu mauni, alpokat, nangka, balsa,dengan luas areal tanam 3 Ha, dalam penanaman di tepi jalan Balsa dan mauni sebagian tanaman buah alpukat nangka, di tepi sungai sebagai lahan (KPS) Kehutanan Perlindungan Setempat. Aksi tanam tersebut untuk melestarikan hutan mencegah metivigasi bencana alam, banjir tanah losor, menjaga sumber air di waktu musim kemarau  dan menjaga keseimbangan alam.

Aktivitas penanaman pohon di daerah lereng gunung wilis dengan penanaman pohon yang ditanam tanaman tegak, pohon pohon yang ditanam mempunyai banyak pungsi seperti menyimpan air, di dalam akar juga mempunyai kayu yang serba guna atau berbuah lebat beberapa buah jenis pohon yang biasa di tanam dalam aktivitas penghijauan, penanam merupakan salah satu perbuatan yang paling mulya, mengapa..? tentu saja karena pohon merupakan makluk Tuhan yang mempunyai segudang manfaat.

Foto : Aktivitas penanaman pohon di daerah lereng Gunung Wilis

Dengan hari menanam pohon, reboisasi juga merupakan penghijauan salah satu nya kata yang berhubungan dengan penanaman pohon, pohon merupakan penghijauan, penghijauan di lakukan di hutan yang gundul dengan penanaman kerja sama  petani hutan/pesangem untuk dikelola bersama, bertujuan menanam pohon ini yakni agar  lingkungan hidup tetap terjaga kelestarian hutan nya, juga planet buminya supaya lebih sehat, karena banyak pepohonan yang berperan sebaga paru paru dunia.

Aksi dengan penanaman pohon, pohon juga sebagai penghasilan sumber oksigen, karena manusia juga membutuhkan oksigen, hutan perlu di lestarikan, di samping itu fungsi pohon yang utama adalah menyerap air dan menguncinya ke dalam akar, dengan demikian air yang terserap ke dalam akar bisa bertahan, maka pohon telah menabung debit air yang ada dalam bumi, dengan demikian pohon sangat penting, karena berkaitan dengan penyimpanan air yang berasal dari air hujan, pepohonan di bumi dapat mencegah terjadinya banjir juga dapat mencegah terjadinya tanah longsor.

Saat kami konfirmasi kepada ketua pegiat wilis lestari Budiman wijanarko, mengatakan bahwa kami pada hari menanam pohon tgl 28 November 2021 ini bertujuan mengurangi resiko banjir tanah longsor dan menjaga sumber air pada musim kemarau dengan aksi tanam juga menjaga hutan bagian wilayah hilir, hasil hajesmen dari pihak DPRD,DINAS dan perhutani Bahwa dari petak 99 C1 lahan kritis titik konsen kami, juga kami tidak hanya menanam bagaimana untuk merawatnya tetapi kita kerja sama dengan petani hutan/pesangem supaya dirawatnya.

“Kami pegiat Wilis Lestari aksi tanam tidak hari ini saja nanti pada tgl 12 Desember kami dan kawan kawan melakukan aksi tanam di embung grogol wilayah perhutani, di Dusun Magesari, Desa Tarokan, kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri,” terang Budiman

Reporter : Katino

Publisher : Suryadi

REKOMENDASI UNTUK ANDA