19 Views
oleh

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang Adakan Pagelaran Seni dan Budaya Rutin Tiap Desa Kecamatan Secara Bergantian

REMBANG || Bratapos.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, menyelenggarakan Pagelaran Seni Budaya Balai Desa Pamotan, di halaman Balai Desa Pamotan Jalan Clangapan, Rembang – Pamotan, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang. Pagelaran Seni Budaya Balai Kota tersebut akan diadakan rutin di setiap perwakilan Desa Kecamatan, dan dihadiri tamu undangan terkhusus mulai dari kecamatan, kelurahan, Polsek, dan Koramil Kecamatan Pamotan, Senin (29/11/21).

Maju kotanya dan bahagia warganya, sore sampai malam ini Pagelaran Seni Budaya Balai Kota menampilkan berbagai jenis pementasan mulai dari kebudayaan khas seperti reog barongan gembong Condro Mowo, Musik Agama seperti Hadroh dari Desa Samaran, dan tak lupa dengan live music New Panca Warna bernuansa pakaian tradisional yang melekat ciri khasnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rembang, Purwono mengatakan, Pagelaran Seni Budaya Balai Desa Pamotan ini digelar untuk menunjukan bahwa Balai Desa bisa menjadi ruang publik yang dapat diakses oleh warga desa, memanfaatkan ruang publik itu ditampilkan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Rembang.

“Kegiatan ini simbol kebanggaan warga Kabupaten Rembang, mereka bisa datang untuk menikmati hiburan seni budaya tapi tetap berprotokol kesehatan,” ujarnya.

Purwono menjelaskan, tujuan diadakannya pagelaran ini agar Kabupaten Rembang bukan hanya menjadi Kota Wisata tapi juga dengan Kota Ragam Seni Budaya, yang apalagi sudah lama di musim pandemi ini warga masyarakat sangat resah dan bosan tak ada hiburan.

Kegiatan pagelaran ini diselenggarakan untuk berbagai undangan ke seluruh desa yang mempunyai ciri khas seni dan budayanya bisa ditampilkan di kegiatan ini.

“Kebahagian warga bisa diraih diantaranya dengan menyaksikan hiburan atau pentas seni budaya, baik menyaksikan dari rumah secara live streaming di Hp masing-masing atau bisa datang ke lokasi dengan mentaati peraturan protokol kesehatan,” terangnya.

Karena hubungannya masih terkategorikan musim pandemi covid-19 di level 2 wilayah Kabupaten Rembang, tentunya pagelaran seni dan budaya ini diselenggarakan dengan peraturan protokol kesehatan yang sangat ketat, mulai dari warga masuk harus melewati satu pintu dengan memakai masker, menunjukkan kartu vaksin minimal 1x vaksin, cuci tangan, dan tentunya jaga jarak.

Reporter : Wahyu_die

Editor : Maya