oleh

Hampir Setahun Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya Of”Ini Kata Bupati Jamin”

Suka Makmue // Bratapos.com – Setelah setahun lebih tidak ada jadwal penerbangan pesawat di Bandara Cut Nyak Dhine (CND) Nagan Raya, mulai hari ini, Rabu (24/11/2021) bandar udara tersebut kembali beroperasi.

Bupati Nagan Raya H.M. Jamin Idham SE, bersama Ketua DPRK, Jonniadi, SE melakukan pemotongan pita tanda penerbangan kembali diaktifkan. Penutupan bandara selama ini akibat dampak wabah Covid-19.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, Kepala Dinas Perhubungan serta otoritas bandara setempat.

Penerbangan perdana pesawat Wings Air ATR 72-600 disambut antusias masyarakat setempat.

Bupati Nagan Raya, H.M Jamin Idham, SE dalam pada kesempatan itu, mengucapkan rasa syukurnya atas adanya penerbangan kembali di Bandara Cut Nyak Dhien dan berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah bandara CND mulai hari ini kembali dilakukan penerbangan perdana, saya mohon kepada seluruh masyarakat terutama perusahaan yang ada di Kabupaten Nagan Raya seperti, perusahaan Batu Bara, PLTU agar bisa ikut berpartisipasi untuk mendukung kelancaran transportasi udara, demi kemajuan daerah kita” ungkap M. Jamin Idham.

Sebelumnya, Kepala Bandara CND Nagan Raya, Sarmin S,IP menceritakan tentang sejarah adanya Bandara CND menurutnya bandara ini salah satu bandara terbaik yang ada di Aceh.

Sarmin menjelaskan, bandara ini memiliki ukuran landasan pacu 2.400 x 23 m meter menjadi 7920 x 85 meter (25984 ft × 279 ft) bulan Agustus 2014. Nama bandara ini diambil dari nama Cut Nyak Dhien, salah seorang pahlawan nasional Indonesia dari Aceh.

“Sejak Agustus 2014, Bandara ini diserahkan pengelolaannya kepada sebuah BUMN yang membidangi pengelolaan beberapa bandara di wilayah barat Indonesia, yaitu PT. Angkasa Pura II (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya” ujar Sarmin.

Kepala bandara itu menambah, bahwa penerbangan perdana hari ini yakni Pesawat Wings Air ATR 72-600 dengan kapasitas 72 orang dengan rute Nagan Raya-Medan Iw1252 dan Medan-Nagan Raya Iw1253 dengan jumlah penumpang dari Medan-Nagan Raya sebanyak 18 orang dan dari Nagan Raya-Medan sebanyak 41 orang penumpang, ujar Sarmin.

Sarmin mengharapkan kepada masyarakat agar sama – sama mendukung untuk meramaikan bandara ini sekaligus mengajak masyarakat agar membangun ekonomi melalui transportasi udara. Meskipun dalam kondisi pandemi, penerbangan ini berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Untuk jadwal penerbangan di bandara CND ini yaitu satu kali dalam seminggu, yakni pada setiap hari Rabu. Tutup Sarmin.

Reporter : Heri Yanto

Publisher : dimas

REKOMENDASI UNTUK ANDA