oleh

Aliansi “Macan Blambangan” Pertanyakan Retribusi Kapal Ikan ke Kantor Pelindo III

BANYUWANGI// Bratapos.com- Tepatnya Kamis 21 Oktober 2021, sekira Pukul:14.00 Wib, Sejumlah awak media (wartawan) dan LSM yang tergabung dalam aliansi tim Macan Blambangan, mendatangi kantor Pelindo III Ketapang Banyuwangi, Jawa timur.

Tujuan dari kedatangannya tersebut untuk mempertanyakan ke pihak kantor Pelindo terkait sejumlah permasalahan yang ada, diantaranya mengenai Retribusi kapal ikan yang bersandar dipelabuhan Tanjungwangi bertahun tahun diduga tidak ada retribusi yang masuk ke pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Sementara kedatangan beberapa wartawan dan juga LSM tersebut ke kantor Pelindo ditemui oleh bagian umum.

Selain mempertanyakan tentang Retribusi, dari aliansi tim Macan Blambangan juga pertanyakan adanya pupuk yang tercecer disepanjang jalan. Mulai dari pelabuhan tanjungwangi hingga sampai depan kantor imigrasi bahkan ketempat pembongkaran pupuk (gudang pupuk). Hal tersebut telah membuat polusi yang sangat mengganggu bagi masyarakat sekitar bahkan pengguna jalan dan pengendara bermotor.

Atas adanya permasalahan tersebut, Agus Purwanto atau dikenal dengan nama Agus Pecok dari forum masyarakat Anti Pungli (F-MAP) berpendapat, selayaknya kapal ikan tidak bersandar dipelabuhan Tanjungwangi. Menurutnya di pelabuhan Tanjungwangi yang notabene pelabuhan bongkar muat barang, dan yang terbaru juga sebagai pelabuhan penyebrangan penumpang.

“Jika kapal ikan bersandar dipelabuhan Tanjungwangi itu tidak tepat, seharusnya jika tempat bongkar muat untuk kapal ikan itu di tempat pelelangan ikan (TPI),”Ujar Agus Pecok kepada Bratapos.com, Kamis, (21/10/2021) saat kegiatan berlangsung.

Masih menurut Agus, bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggaungkan untuk menggalakkan Otonomi Daerah, tapi Agus menilai kejadian tersebut tak sejalan dengan tujuan Pemerintah Banyuwangi.

“Seharusnya dengan banyaknya kapal yang bersandar, setidaknya ada masukan retribusi ke Pemerintahan Banyuwangi kan bisa menambah PAD daerah Kabupaten Banyuwangi,”Pungkasnya.

Reporter: Waluyo/ Yuri’s

Editor/Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA