oleh

P4GN Peresmian Kampung Bersinar bersih Narkoba Desa Dalam dan Desa Bundar

Aceh Tamiang // Bratapos.com – KAMPANYE P4GN PERESMIAN KAMPUNG BERSINAR (BERSIH NARKOBA) KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN 2021 OLEH KEPALA BNN PROV. ACEH BRIGJEN POL DRS. HERU PRANOTO, M.SI.

Senin 18/ Oktober /2021 telah dilaksanakan Acara Kampanye P4GN Peresmian Kampung Bersinar (Bersih Narkoba) Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2021 oleh Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si. bertempat di Ds. Dalam Kecamatan Karang Baru Kabupaten. Aceh Tamiang yang dihadiri +- 50 orang antara lain sebagai berikut

Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si.
Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH.M.Kn.
Ketua DPRK Aceh Tamiang Supriyanto, ST.
Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita.
Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, S.I.K.
Ketua MPU Kabuoaten Aceh Tamiang al Syahrizal Darwis, MA.
Kalapas kelas II B Kualasimpang diwakili oleh Kasi Adm Kamtib Moeda.
Kepala BNNK Aceh Tamiang Drs. Agussalim.
Tamu undangan.

Laporan Kepala BNNK Aceh Tamiang Drs. Agussalim antara lain sebagai berikut

Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan
Inpres no 2 tahun 2020 tentang rencana aksi P4GN mulai tahun 2020 sampai dengan 2024, Permendagri no 12 tahun 2019 tentang pasilitasi P4GN, Perjanjian kerjasama antara BNN dgn Kementerian Desa pada tahun 2018, Instruksi Gubernur Aceh no 4 tahun 2021 kepada seluruh Bupati dan Walikota tentang upaya pasilitasi pencegahan penyalahgunaan Narkoba serta pembentukan Desa Bersih Narkoba di Provinsi Aceh.

Pengertian Desa Bersinar adalah satuan wilayah setingkat Desa yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat pelaksanaan program P4GN yang dilaksanakan secara masif.

Penetapan kampung dalam dan kampung Bundar sebagai Desa Bersinar dimulai sejak awal tahun 2021 oleh BNNK Aceh Tamiang menetapkan kedua kampung tersebut sebagai lokasi pelaksanaan Desa Bersinar yang diawali dengan komitmen pemerintah kampung untuk aktif melaksanakan program P4GN sesuai dengan petunjuk teknis yang telah di atur.

Kegiatan yang telah dilakukan adalah, advokasi dan harmonisasi program kepada perangkat kampung, intervensi ketahanan keluarga berbasis Sumber Daya pembangunan desa, pasilitasi pelaksanaan program ketahanan keluarga, pelaksanaan kegiatan intervensi berbasis masyarakat bidang rehabilitasi, kegiatan lanjutan setelah ini akan dilaksanakan pembentukan satgas anti narkoba kepada kedua kampung tersebut dan ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sambutan Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH.M.Kn yang pada intinya sebagai berikut

Kami selaku kepala Pemerintah Daerah Kabupten Aceh Tamiang mengucapan selamat datang kepada Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si. semoga kehadiran bapak dapat memberikan semangat dan menguatkan silahturahmi antara Pemerintah Kab. Aceh Tamiang dengan BNN serta segenap unsur masyarakat di Bumi Muda Sedia yang kita cintai.

Kita sangat
menyayangkan dimana korban dari Narkoba tidak melihat umur baik dari anak-anak, remaja dan orang tua sehingga kita tidak boleh main-main terhadap Narkoba tersebut, kita melihat apabila anak-anak dan remaja yang nantinya kita harapkan sebagai generasi penerus kita kedepannya tersangkut dengan permasalahan Narkoba sungguh sangat kita sayang kan.

Tantangan berat kita di Aceh Tamiang ialah kita memiliki garis pantai yang sangat panjang dimana sumber masuknya Narkoba dari daerah tersebut, dimana daerah tersebut tidak terdapat penghuni sehingga mudah bagi mereka-mereka untuk masuk kedaerah tersebut

Tentunya ini tidak hanya tugas dari BNN dan Pemerintah Daerah saja melainkan tugas kita bersama untuk memberantas Narkoba tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang sendiri sudah menjalankan program magrib mengaji sehingga kepada anak-anak setiap magrib memiliki kegiatan mengaji, hal tersebut dilakukan agar anak-anak kita semua memiliki aktifitas dan kegiatan yang positif tidak dengan kegiatan yang bisa membuat mereka terjerumus kedalam kegiatan-kegiatan yang buruk seperti Narkoba.

Sambutan oleh Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si. yang pada intinya sebagai berikut

Ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang yang mana telah menyambut saya di Kabupaten Aceh Tamiang beserta unsur Forkopimda yang telah hadir.

Bicara tentang Desa Bersinar ini sebenarnya Aceh Tamiang memiliki garis pantai yang panjang dan batas darat sendiri langsung berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara dimana yang notabeninya Sumatera Utara sendiri memiliki tingkat kerawanan Narkoba nya cukup tinggi sehingga tantangan dan ancaman yamg dua tersebut menjadikan Aceh Tamiang menjadi perhatian bukan hanya BNN tetapi juga dari pihak Kepolisian.

Selain daerah garis pantai dan perbatasan dengan Provinsi lain tersebut yang kita anggap rawan di Kab. Aceh Tamiang bukan berarti daerah-daerah lain kita anggap aman melainkan harus tetap kita jaga dan kita awasi.

Desa Bersinar ini sebenarnya menjadi program nasional program BNN Pusat kemudian masing-masing Provinsi berkolaborasi dengan kebijakan, termasuk dengan kondisi yang ada di wilayah tersebut, dimana desa Bersinar sendiri sudah kita bentuk di berbagai Kabupaten/Kota bahkan landasan hukumnya sesuai dengan inpres no 2 tahun 2020 bahwa Presiden RI telah memberikan perintah dan perintah tersebut untuk melaksanakan P4GN dan dipertegas lagi dengan instruksi gubernur No 4 tahun 2021 yang lebih spesifik lagi untuk membentuk desa Bersinar 10 % dari Desa yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang ini.

Peresmian Kampung Bersinar oleh Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si. dan Unsur Forkopimda Kab. Aceh Tamiang.

Acara Kampanye P4GN Peresmian Kampung Bersinar (Bersih Narkoba) Kabupten Aceh Tamiang Tahun 2021 oleh Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si. selesai pada jam 12.15 WIB berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Selesai acara pokok Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs. Heru Pranoto, M.Si. dan Forkopimda Aceh Tamiang melaksanakan peninjauan kegiatan life skil bagi warga kampung dalam Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang dan setelah itu melaksanakan makan siang bersama di Pendopo Bupati Aceh Tamiang, Dalam pelaksanaan kegiatan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19

Reporter : jon

Publisher : dimas

REKOMENDASI UNTUK ANDA