oleh

Desa Ngampel Bangun Drainase Dengan Anggaran DD 2021

Madiun // Bratapos.com – Drainase merupakan salah satu dasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang merupakan komponen terpenting dalam suatu perencanaan infrastruktur sebuah desa. Drainase bertujuan untuk menjadikn sebuah infrastruktur yang desa yang aman, nyaman, bersih dan sehat

Melalui penyerapan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021, Desa Ngampel, Kec. Mejayan, Kab. Madiun merealisasikan program Drainase  Jalan masuk warga di Dusun Mrau RT. 013 RW. 004 dengan volume pengerjaan 10 X 60 Cm X 75 M dan  total anggaran sebesar Rp. 42.785.800.

Pelaksanaan pembangunan dilakukan secara swa kelola oleh TPK Desa Ngampel dengan melibatkan dan mempekerjakan warga setempat ini telah sesuai dengan perencanaan yang sudah tertuang dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang ada. Kegiatan yang tertuang dalam APBDES ini merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021 yang berasal dari hasil usulan masyarakat dan memang sangat perlu untuk  disegerakan, mengingat sebentar lagi akan segera memasuki musim penghujan, sehingga luapan dan genangan air hujan dilingkungan pemukiman nantinya tidak aka ada lagi, karena air sudah bisa dialirkan melalui saluran drainase menuju ke badan sungai atau area pertanian. Selain itu pembangunan drainase in juga sebagai salah satu bentuk penataan ruang di wilayah setempat, sehingga lingkungan sekitarnya akan terlihat lebih tertata dan rapi.

Kepala Desa Ngampel Afrius Tri Nugroho, ST. mengatakan bahwa saluran drainase yang dibangun ini merupakan salah satu upaya untuk menghindari terjadinya genangan air yang cukup banyak dimusim penghujan, yang dampak terbesarnya bisa mengakibatkan banjir.

“Dengan adanya drainase tersebut genangan dan resapan air hujan dapat disalurkan ke sungai atau ke area pertanian terdekat, sehingga banjir dapat dihindari dan tidak akan menimbulkan dampak gangguan kesehatan pada masyarakat serta aktivitas keseharian masyarakat tidak akan terhambat karenanya,” jelasnya.

 Pembangunan tersebut, saat ini telah selesai sesuai dengan target yang ditetapkan dan dengan hasil yang maksimal. Pak Kasdi salah satu warga RT. 013 RW.004  mengucapkan terima kasih dengan adanya pembangunan drainase dilingkungannya dimana setiap musim hujan ada genangan air dijalan yang dilaluinya.

Reporter : Mbah Sur

Publisher : dimas

REKOMENDASI UNTUK ANDA