oleh

Antisipasi Gangguan Keamanan Hutan, Sat Binmas Polres Grobogan Gelar Apel Bersama TNI/Polri, Perhutani, dan Masyarakat

GROBOGAN || Bratapos.com – Berdasarkan UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia serta Instruksi Presiden RI No. 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Sat Binmas Polres Grobogan melaksanakan kegiatan Apel bersama TNI/Polri, Perhutani, dan masyarakat dalam rangka Antisipasi Gangguan Keamanan Hutan di Hutan petak 84C, RPH Janglengan BKPH Jatipohon KPH Purwodadi.

Hadir dalam giat tersebut, Kasat Binmas AKP Eko Bambang N., SH., MH., Muspika Kecamatan Grobogan, Para Asper KPH Purwodadi, Pabin Jagawana Aiptu Wahyu Setiawan, serta para Kanit Satbinmas Res Grobogan.

Kasat Binmas Polres Grobogan, AKP Eko Bambang, N., SH., MH., menyampaikan bahwa dalam Apel Kesiapan Antisipasi Gangguan Keamanan Hutan telah dilaksanakan beberapa kegiatan antisipasi, meliputi pencurian, penggembalaan, bibikran liar, dan bencana alam.

“Melaksanakan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan menggunakan apar dan alat tradisional (gancu, secop, dan gebyok), serta pemasangan imbauan tentang sanksi hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan di wilayah KPH Purwodadi,” tuturnya, Selasa (22/09/2021).

Adapun hasil yang dicapai dalam kegiatan Apel yaitu terlaksananya koordinasi dalam rangka rencana giat bersama TNI/Polri, Perhutani, dan masyarakat dalam mencegah gangguan keamanan hutan termasuk bencana alam kebakaran dan tanah longsor, terbentuknya Satlak Penanganan Bencana Alam di tingkat BKPH yang bersinergi dengan Muspika.

“Serta terpasangnya spanduk imbauan tentang Sanksi Pidana kepada warga masyarakat khususnya LMDH,” pungkas Kasat Binmas.

Reporter : Kacab Jateng

Editor : Maya

REKOMENDASI UNTUK ANDA