oleh

2025, Semua Bidang Tanah Harus Sudah Terdaftar

PEKALONGAN || Bratapos.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang ke-61 yang jatuh pada tanggal 24 September 2021 di halaman Kantor BPN Kabupaten Pekalongan Wiradesa, Jum’at (24/09) pagi. Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang ke 61 kali ini mengusung tema ‘ Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional’, sekaligus juga dilakukan penyerahan sertifikat kepada organisasi kemasyarakatan dan Pemda. Selain itu dilakukan pula penyerahan penghargaan satya lencana karya satya kepada PNS di lingkungan BPN Kabupaten Pekalongan.

Upacara diikuti segenap jajaran lingkungan Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pekalogan dan dihadiri pula Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Pekalongan.

Pj Sekda Kabupaten Pekalongan, Drs Budi Santoso., M.Si mewakli Bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE.,MM membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Dalam sambutan yang dibacakan Sekda, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A Djalil mengatakan bahwa tema ‘ Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional’ pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 ini mengandung maksud melaksanakan Undang Undang Cipta Kerja (UUCK ) dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas luasnya bagi rakyat Indonesia dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta mendorong investasi.

Sejalan dengan semangat pemulihan ekonomi nasional, lanjut Sofyan, hari ini akan diluncurkan sistem pendaftaran online aplikasi LOKETKU dan aplikasi permohonan informasi online. Pelayanan pertanahan secara elektronik ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparansi pelayanan.

“Dalam rangka percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), saya mengajak Gubernur dan Bupati/Walikota untuk mensukseskan program ini dengan membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan BPHTB sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dapat dicapai,“ tambahnya.

Pj sekda menambahkan, peringatan hari agraria dan tata ruang ini merupakan momentum yang sangat bagus dimana pelayanan Kementerian ATR/BPN sangat luar biasa. ” Ini menjadikan momentum yang sangat bagus dimana pelayanan Kementerian ini sangat luar biasa, yang dibutuhkan waktu cepat, yang semua nanti akan tercover bisa dilayani dalam sisi sertifikasi tanah yang ada di mereka,” ungkap Pj Sekda Budi Santoso, usai membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Pj Sekda mengungkapkan kegiatan hari ini juga sekaligus penyerahan sertifikat ke Pemda dan ormas keagamaan Muhammadiyah dan NU. “Dan hari ni juga diserahkan sertifikat sebagai bukti pelayanan baik ke Pemda dalam hal ini kami selaku mewakili Bupati, bahwa sertifikat yang ada di Pemda ini sudah ditangani dengan baik dari Kementerian ATR /BPN ini . Kemudian yang kedua ke omas keagamaan khususnya, Muhamadiyah dan NU, juga telah disampaikan termasuk dari PLN dan sekaligus jalan tol juga,” jelasnya.

Ditegaskan pula bahwa semua aset masyarakat termasuk pemerintah harus ada surat bukti dan sekaligus sertifikat yang membuktikan bahwa itu kepemilikannya. “Tahun 2025 momen yang sangat luar biasa semua harus bersertifikat. Saya yakin Kementerian ATR/BPN mampu untuk menyelesaikannya,“ pungkas Pj Sekda Budi Santoso.

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Pekalongan, Imawan Abdul Ghofur menjelaskan bahwa pelayanan LOKETKU ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa secara langsung mendaftarkan pelayanan yang ada di BPN secara mandiri. “Di LOKETKU itu nanti masyarakat harus punya akun dulu, akses ke aplikasi ‘Sentuh tanahku’ kemudian kami verifikasi. Kalau cocok, kami beri akun kemudian berdasarkan akun itu mereka bisa mendaftarkan langsung ke kami (online),“ terangnya.

Reporter : Rifqi

Editor : Maya

REKOMENDASI UNTUK ANDA