oleh

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 410/Alugoro Terima Kunjungan Danrem 174/ATW

BLORA || Bratapos.com – Dipercaya menjaga wilayah Selatan Papua TA 2021, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 410/Alugoro terima pembekalan dari Danrem 174/Anim Ti Waninggap Brigjen TNI Bangun Nawoko yang bertempat di Aula Mayonif 410/Alugoro Jl. Jenderal Sudirman, Bangkle, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sabtu (18/09/2021).

Bertindak sebagai Dankolakops, Danrem 174/ATW menyampaikan bahwa Yonif 410/Alugoro merupakan pasukan yang terpilih untuk menjaga keutuhan NKRI dan itu adalah sebuah kehormatan tertinggi bagi seorang prajurit.

“Saya melihat prajurit 410/Alugoro sangat berpengalaman dalam bertugas, saya ingin agar mulai hari ini ada ikatan batin antara saya sebagai tuan rumah dengan kalian sebagai tamu yang dipercaya menjaga wilayah perbatasan RI – PNG serta besar harapan saya agar setelah sampai di tempat tugas, kalian dapat menjadi saudara yang baik bagi masyarakat Papua,” terangnya.

Kerjasama serta komunikasi yang baik juga menjadi kunci penentu keberhasilan tugas sebab tidak hanya Yonif 410/ALG saja yang akan melakukan pengamanan perbatasan, tetapi ada satuan lain juga. Selain itu, pembinaan teritorial di masing masing wilayah juga harus betul betul dilaksanakan guna menggali informasi serta merebut hati masyarakat Papua.

“Apabila ingin berhasil tugas di Papua, hanya dibutuhkan keberanian untuk mencintai, menyayangi, melindungi, membantu serta menghargai harkat dan martabat masyarakat asli orang Papua demi merebut simpatik kepada TNI dan Negara Indonesia serta menjaga keutuhan NKRI,” tegasnya.

Indikator keberhasilan tugas adalah tidak ada pelanggaran, wilayah perbatasan aman dari kejahatan maupun kegiatan ilegal, selalu lakukan serah terima saat meninggalkan pos dan masyarakat sekitar dapat merasakan mamfaat hadirnya TNI sehingga membuat mereka terharu serta menangis.

Mungkin dari kalian sudah ada yang pernah tugas ke Papua, kondisi disana telah terjadi perubahan namun tidak begitu jauh. “Saya yakin, semoga prajurit Satgas 410/Alugoro bisa lebih baik dan sukses dari Satgas sebelumnya,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo S.Sos., M.M., Danyonif 410/ALG Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, S.Sos, M.H., serta seluruh Prajurit Satgas 410/Alugoro.

Reporter : Bambang

Editor : Maya

REKOMENDASI UNTUK ANDA