oleh

Tak Perlu Panik Jika Sertifikat Vaksin Tak Muncul, Begini Solusinya

KUDUS || Bratapos.com – Apabila sertifikat vaksin tidak muncul sebenarnya masyarakat tidak perlu cemas apalagi panik.Banyaknya orang yang divaksinasi, tentu memuat data ke dalam sistem PeduliLindungi membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Masalah tidak munculnya sertifikat vaksinasi kian semakin disorot setelah menjadi syarat wajib untuk melakukan berbagai keperluan di masa PPKM. Dari naik KRL hingga masuk mal, sertifikat vaksinasi jadi poin utama yang ditanyakan.

Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo mengatakan masyarakat tak perlu cemas dengan belum munculnya sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi.

“Umumnya sertifikat vaksinasi tidak langsung muncul bisa saja akan muncul 7-10 hari setelah masyarakat menerima dosis vaksin COVID-19 bahkan saya sendiri tidak langsung muncul nunggu beberapa hari,” ujarnya.

Kata badai, setiap orang yang sudah menerima minimal dosis pertama vaksin COVID-19 secara otomatis akan menerima sertifikat vaksinasi. Bahkan sertifikat vaksinasi bisa langsung diunduh ataupun digunakan untuk berbagai keperluan.

“Jika sertifikat vaksinasi belum tersedia, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, vaksinator memang belum mendaftarkan diri di akun PeduliLindungi. Kedua, lantaran terjadi kesalahan input data saat proses vaksinasi, misal terkait nama, nomor telepon, ataupun tanggal lahir atau NIK dan KK,” katanya.

Orang yang mendaftar, kata Badai, pastinya sudah menunjukan KTP maupun KK pastinya sudah diinput.

Setelah itu, dilakukan tindakan vaksinasi atau tes antigen apabila namanya tidak muncul perlu dikonfirmasi ke Dukcapil yang berkaitan dengan NIK dan no KK yang tidak muncul dan juga kemungkinan terjadi kesalahan input atau aplikasinya error.

“Apakah nomer NIK dan KK nya terdaftar atau tidak itu kaitannya dengan Dukcapil,” tandasnya.

Solusi akhir, jika sudah divaksinasi tapi belum dapat SMS atau belum terdaftar adalah dengan menghubungi call center sertifikat vaksinasi. Cukup tekan 119 untuk menyampaikan keluhannya.

“Petugas call center akan mengarahkan kamu untuk memperoleh solusi. Perhatikan juga ya saat menghubungi call center agar terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan pihak tersebut,” tuturnya.

Reporter : Aditya/Wakacab (Alex)

Editor : Maya

REKOMENDASI UNTUK ANDA