oleh

Dikeluhkan Masyarakat, BPN Gresik Luncurkan Aplikasi ‘Panutanku’ Demi Permudah Pemohon

GRESIK || Bratapos.com. Demi meningkatkan pelayanan kepada pemohon, guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur, dan terjangkau. Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gresik luncurkan aplikasi ‘Panutanku’ (pantau ukur tanahku).

Kendati situasi pandemi covid 19 tak kunjung berakhir, BPN yang digagas oleh Kuntarto selaku Kasi pengukuran pemetaan tak membuat berhenti berinovasi. Aplikasi ini sangat tepat, disaat masyarakat, sangat dibatasi kegiatan diluar ruang.

Manurut Kuntarto menjelaskan bahwa perkembangan teknologi informasi di dunia kini semakin masif. Teknologi, yang dulu hanya bisa dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu atau para lapisan masyarakat dianggap mampu, kini bisa diakses oleh semua orang.

“Aplikasi Panutanku, (pantau ukur tanahku) berbasis web. Kemudian terintegrasi dengan aplikasi SmartPTSL. Sehingga masyarakat bisa di download dengan aplikasi SmartPTSL di Play Store,” katanya.

Latar belakangnya kenapa menciptakan aplikasi ini. Kun sapaan akrabnya menjelaskan, sebelum ada aplikasi ini keluhan masyarakat tidak tersampai pada kami. Sehingga keluhan masyarakat itu tidak pernah direspon.
Kemudian keluhan masyarakat menanyakan kepastian kapan pelaksana pengukuran.

“Kami ingin memperbaiki kinerja petugas ukur di lapangkan. Sebab banyak keluhan masyarakat, tapi tidak tersampai. Dalam hal ini maka saya diapliaksi ini untuk merespon. Aplikasi in sudah dilakukan percobaan sekalian sambil jalan,” jelasnya.

Menurut Kuntarto, masyarakat bisa terpuaskan adanya aplikasi ini. Bahkan bisa regues soal petugas ukur. Namun harus dibagi rata dengan petugas lain. “Antara pemohon dengan petugas saling komunikasi lewat chatting. Bahkan perjalanan petugas dari kantor ke lokasi saya bisa mengecek,” pungkasnya.

Pewarta : Jamal Sintaru

REKOMENDASI UNTUK ANDA