oleh

Sasar Desa Plantungan, Bupati Berharap TMMD Percepat Pembangunan Pedesaan

BLORA || Bratapos.com – Bupati Blora H. Arief Rohman, S,IP mengapresiasi adanya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan di Kabupaten Blora.

Hal tersebut diungkapkan Bupati di Ruang Pertemuan Setda, Rabu (15/9/2021) saat melakukan penandatanganan berita acara serah terima Program TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2021 yang akan diselenggarakan di Desa Plantungan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora.

Bupati mengapresiasi dukungan dan peran aktif dari Dandim 0721 Blora dan jajarannya dalam mendukung pembangunan Blora menjadi lebih maju.

“Kami atas nama Pemkab Blora mnyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Dandim beserta seluruh jajaran yang sudah memberikan kontribusi dalam rangka pembangunan Kabupaten Blora melalui TMMD,” ungkap Bupati.

Dijelaskannya, bahwa saat ini Blora masih memiliki PR terkait infrastuktur yang cukup banyak, sehingga adanya TMMD ini dapat membantu dalam pembangunan infrastruktur di wilayah pedesaan. Seperti yang mulai dilaksanakan di Desa Plantungan ini.

“Kita masih punya beban infrastruktur yang lumayan banyak, oleh karena itu dengan diadakannya TMMD akan sangat membantu kami. Harapan saya program TMMD ini bisa membuka akses daerah yang terisolir, sebagai sinergi Pemkab Blora dan TNI-Polri yang untuk nantinya bisa membangun infrastruktur di Blora,” harap Bupati.

Dengan adanya TMMD ini, tambah Arief Rohman, pembangunan dapat semakin efektif dan mampu menumbuhkan semangat guyub rukun masyarakat.

“Kita mengapresiasi biasanya anggaran 200 juta hanya cukup membangun jalan sekian meter tapi dengan TMMD ini hasilnya lebih panjang, dan yang utama lagi semangat gotong-royong warga dengan TNI-Polri ini guyub rukun,” ucapnya.

Dandim 021 Blora Letkol Inf. Andy Sulistyo Kurniawan Putro, S.Sos , M.Tr (HAN) mengapresiasi dukungan dari Bupati Blora maupun Pemkab Blora yang telah mendukung Kodim 0721 melalui program-program yang ada.

“Untuk kegiatan ini berlangsung setiap tahun dan memang program kami atas nama Kodim 0721 Blora sangat berterimakasih kepada Pak Bupati karena telah memberikan kami kepercayaan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan TMMD, Dandim Blora turut melibatkan berbagai pihak termasuk dari pihak kepolisian setempat dan OPD Pemkab Blora sebagai salah satu bentuk sinergitas.

“Bareng-bareng disitu, sehingga kami berharap sinergitas di Blora ini tidak hanya di mulut saja, tetapi dilaksanakan seperti saat kita menangani Pandemi Covid-19,” katanya.

Dandim menjelaskan, adapun sasaran dalam kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III T.A 2021 mencakup sasaran fisik dan non fisik.

“Untuk sasaran fisik yang akan kami laksanakan meliputi pembuatan Jalan Makadam, talud bahu jalan I dan talud bahu jalan II, Box Culvert, dan drainase,” jelas Letkol Inf Andy.

Selain pembangunan di sektor fisik, tambah Dandim, kegiatan ini juga mencakup sasasran non fisik, termasuk dengan bekerjasama dengan OPD terkait dan pihak kepolisian setempat.

“Ada sasaran non fisik meliputi sosialisasi dan penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya narkoba, kamtibmas dan hukum,” ucap Dandim.

“Kemudian ada penyuluhan dari OPD, terkait pendampingan industri rumah tangga, dari dinas pertanian penyuluhan peningkatan hasil pertanian, dan dari Dinas Kesehatan berkaitan penyuluhan pernikahan dini dan protokol kesehatan,” lanjutnya.

Adapun rincian pembangunan sasaran fisik meliputi pembangunan Jalan Makadam dengan Panjang 1250 m dan lebar 3 m, talud bahu jalan I dengan sepanjang 36 m lebar 0,3 m dan tinggi 1 m, kemudian talud bahu jalan II dengan panjang 221 m, lebar 0,3 m, dan tinggi 1 m. Selanjutnya, Box Culvert dengan panjang 5 m, lebar 1 m dan tinggi 1m, lalu drainase sepanjang 250 meter dengan MD Ø (diameter) 0,5 m.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danyon 410 Alugoro Blora, perwakilan Forkopimda Blora, Kepala Dinas PMD, Kepala OPD terkait dan Camat.

Reporter : Bambang

Editor : Maya

REKOMENDASI UNTUK ANDA