oleh

Normalisasi Jalan Usaha Tani (Telasah) di Desa Wonosari

NGAWI II Bratapos.com. Normalisasi atau perbaikan jalan usaha tani berupa telasah di RT.04 Dusun Ngadiluwih, Desa Wonosari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, disambut antusias oleh warga desa. Karena jalan yang asalnya berupa tanah becek sekarang menjadi baik dan mudah untuk dilalui dengan wujud telasah yang sudah selesai dikerjakan.

Salah satu warga setempat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Wonosari yang telah menyalurkan Anggaran DD untuk memperbaiki jalan usaha tani kami. “Jadi kami ikut merasakan dan menikmati,” kata warga setempat kepada Wartawan Brata Pos. 29 Agustus 2021.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Pembangunan Desa (TPKTD) Desa Wonosari, Suyanto menyampaikan kepada Awak Media terkait perbaikan jalan usaha tani mengatakan, pembangunan itu sudah terencana sesuai prosedur melalui Musdes Musren Muskab. Saat ini yang menjadi prioritas adalah memperbaiki jalan usaha tani di RT.04 Dusun Ngadiluwih. Dengan volume P : 225 m L : 3,2 m, sumber dana dari Dana Desa (DD) Tahun 2021 sebesar Rp. 57.272.000,-.

Proyek ini pengerjaannya dilakukan secara Padat Karya Tunai (PKT) dengan melibatkan warga setempat secara bergantian dan mendapat upah sesuai Juknis Padat Karya Tunai yaitu tukang Rp. 90.000,- per hari pekerja Rp. 80.000,- per hari. Hal ini agar masyarakat memperoleh pendapatan.

“Kami lakukan itu sudah sesuai dengan petunjuk prosedur dari Tim Teknis Desa sebagai perencana dan pelaksana pembangunan yang ditunjuk oleh Kepala Desa dan TPK Desa. Semua sudah sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) Padat Karya Tunai (PKT), dengan petunjuk teknis Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi. Republik Indonesia Tahun 2018,” katannya.

Sedangkan ditempat lain, Kepala Desa Wonosari, Hartanto saat diwawancarai Wartawan Brata Pos di tempat kerjanya, membenarkan semua keterangan yang disampaikan oleh Ketua TPK. Untuk harapan kedepan, mari kita bersatu padu warga Desa Wonosari, dan mensupport berbagai pembangunan di desa tercinta kita ini, agar kegiatan pembangunan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang tertuang dalam APBDes Desa Wonosari, tegasnya Kades.

Pewarta : adv/Dyan Wahyu

REKOMENDASI UNTUK ANDA