oleh

Audiensi BJS kesehatan Cambang Langsa

Aceh Tamiang // Bratapos.com – acara audiensi bpjs kesehatan cabang langsa bersama forum komunikasi pemangku kepentingan utama semester iii di kab. aceh tamiang

Pada hari Selasa 14/9/ 2021 telah berlangsung acara Audiensi pihak BPJS Kesehatan Cabang Pemko Langsa dengan Forum Komnunikasi Pemangku Kepentingan Utama dan Forum Kemitraan Kabupten Aceh Tamiang secara virtual, bertempat di Ruang Kerja Sekda Kabupaten Aceh Tamiang, Jln Ir H Juanda Desa Bundar Kecamatan Karang Baru Kabupten Aceh Tamiang yang dihadiri ± 15 orang sebagai berikut

Ketua Komisi III Partai PNA Irwan Effendi Amd.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Aceh Tamiang Ibnu Azis Skm.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Tamiang Ir. M.Zein
Direktur RSUD Aceh Tamiang dr. Andika S.P, pd.
Seketaris BKPSDM Kabupten Aceh Tamiang M.Dalil, SE.

kepala BPJS cabang langsa a.n Sri Yulizar Pohan MM, AAK menyampaikan secara virtual Sebagai berikut :

Target kepesertaan JKN mencakup 90% dari penduduk Indonesia tahun 2024, Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kepesertaan semesta berfokus pada proporsi populasi yang dapat mengakses pelayanan kesehatan esensial yang berkualitas, Proporsi penduduk yang menghabiskan pendapatan rumah tangga untuk pelayanan kesehatan, dan keadilan terhadap akses pelayanan dan akses pendanaan.

Progres kepesertaan JKN dan capaian sampai dengan Agustus 2021 di Kabupaten Aceh Tamiang, Jumlah penduduk sampai dengan Juni 2021 Rp300.618 jiwa dan peserta yang terdaftar sebanyak 271.618 jiwa, dengan capaiannya 90, 44%.

Entitas belum patuh melakukan pendaftaran 100% pekerja dan badan usaha tahun 2020 sampai dengan tahun 2021 adalalah PT Parasawita, PT. Semadam, Klinik Habib, CV. Honda Jaya Prima, PT. Sisirau Kebun, Koperasi Sawit Murni, yang seharusnya berpotensi mendapatkan iuran sebesar Rp41.263.188.

Realisasi biaya pelayanan kesehatan RSUD Kabupaten Aceh Tamiang sampai dengan bulan pembebanan Agustus 2021 sebesar Rp 33.418.924.825. Sedangkan Rasio klaim realisasi pelayanan kesehatan terhadap pendapatan iuran Kabupaten Aceh Tamiang Sebagai berikut : Realisasi biaya pelayanan kesehatan Rp 54.466.591.603
Realisasi pendapatan Rp 54.772.799.689

Kami berharap dukungan sebagai Mitra yang sudah bekerjasama dapat segera merealisasikan pendaftaran tenaga kerja kontrak BLUD RSUD Aceh Tamiang tahun 2001 dan mengeluarkan surat komitmen pendaftaran serta usulan anggaran tahun 2021.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 tahun 2020 Ruang lingkup peserta jaminan kesehatan meliputi Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota, Pimpinan dan anggota DPRD, Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Daerah (PPPKD), Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNPNSD), kepala desa dan perangkat desa sudah diatur dalam Permendagri nomor 119 tahun 2019, bagi anggota keluarga yang lain dapat diikutsertakan sesuai dengan aturan.

Acara Audiensi pihak BPJS Kesehatan selesai jam 13.20 Wib berjalan dengan aman dan lancar. Lemahnya pengawasan terhadap perusahaan diwilayah Kabupten Aceh Tamiang sehingga masih ditemukan adanya perusahaan yang belum mendaftarkan tenaga kerjanya di BPJS Kesehatan.

Perlu adanya penerapan sanksi terhadap Daerah dan Perusahaan yang tidak melaksanakan Peraturan dalam Negeri No.70 Tahun 2020.

Reporter : jon

Publisher : dimas

REKOMENDASI UNTUK ANDA