oleh

Patut di Contoh..!! Kekompakan Warga Gombengsari Kalipuro, Bisa Sulap Jalan

BANYUWANGI, Bratapos.com- Berbicara tentang kekompakan dan juga kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, mungkin warga masyarakat lingkungan Desa Lerek Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi, pantas mendapat apresiasi dan bisa dijadikan profil untuk desa desa yang lainnya.

Pasalnya adat kekompakan dan kerukunan antar warga masyarakat di desa tersebut terus dilaksanakan dan juga terus dijunjung tinggi sekaligus dibuktikan.

Seperti halnya kekompakan dan kerukunan yang dilakukan kali ini dengan bergotong royong bersama melaksanakan pelebaran jalan dilingkungan Lerek Gombengsari Kecamatan Kalipuro, dimana lokasinya itu berdempetan dengan pintu gerbang Kali Klatak berjalan lancar dan sukses.

Mengapa tidak, pasalnya proyek pelebaran jalan yang sedang dilakukan saat ini murni hasil dari swadaya masyarakat, tanpa ada sedikitpun bantuan dari pemerintahan. Hal tersebut dilakukan karena masyarakatnya, berkeinginan mempunyai jalan yang lebar dan nyaman untuk dilalui.

Seperti yang disampaikan oleh Samsudin ketua RT setempat, bahwa semua proses pembangunan pelebaran jalan tersebut sedikitpun tanpa ada bantuan dari pihak manapun.

“Asli murni mas, dari segi pendanaan hingga lain sebagainya, semua swadaya masyarakat, yang mengerjakan saja tanpa ada yang menerima upah,”ujar Samsudin kepada tim Bratapos.com. Sabtu, (31/07/2021).

Selain itu dirinya mengatakan, untuk melanjutkan proyek pembangunan nya itu, dirinya bersama warga berencana untuk menggalang dana kebeberapa perusahaan yang beroperasi di wilayah Kalipuro.

“Sebenarnya diwilayah Kalipuro ini banyak berdiri perusahaan baik itu BUMN maupun perusahaan swasta yang menurut undang undang harus mengeluarkan CSR. Maka dari itu kami akan mencoba mengajukan proposal bantuan lanjutan pembangunan pelebaran jalan lingkungan lerek sampai di jembatan samping kantor kelurahan Gombengsari, karena di lingkungan lerek ada Perkebunan PT KALI KLATAK dan wisata irdjen supaya mendukung kenyamanannya serta keindahannya. saya harap kepada para instansi pemerintahan terkait turut memfasilitasi dan membantu untuk dana CSR dapat tersalurkan kepada lingkungan saya,”harapnya.

Sedangkan menurut Murdiono, yang juga warga setempat saat ditemui tim Bratapos dikediamannya mengatakan, jika potensi di lingkungan Lerek Gombengsari sering muncul di medsos, baik itu dari wisatanya maupun kopi produksi warga lerek sendiri.

“Potensi wisata di lingkungan lerek ini, sebetulnya sangat banyak, tapi perlu dukungan dari pemerintah, kalau warganya dari dulu mendukung. buktinya disini ada wisata yang lokasinya diareal perkebunan, bahkan sejak dulu dikunjungi wisatawan dari mancanegara. bermalam nya dirumah penduduk sekitar yang ditunjuk oleh perkebunan, tentunya diberi arahan terlebih dahulu jadi warga sini bukan hal yang asing lagi untuk menyambut maupun mendukung wisata. Sebelumnya juga pernah dilingkungan lerek rumah warga di jadikan homestay. kami harap pemerintah terkait mau mendukung apa yang telah menjadi keinginan masyarakat, agar lerek menjadi lingkungan wisata,”Pungkasnya.

Reporter: Waluyo (tim).

Editor/Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA