oleh

Kejari Inhil Lounching Aplikasi DAbRi

Tembilahan, Bratapos.com – Kejaksaan negeri (Kejari) Inhil melaunching Aplikasi Digital Arsip by Rini (DAbRi), yaitu suatu aplikasi digital penyimpanan arsip dalam bentuk PDF, Selasa (15/6/2021).

Kepala Kejari Inhil Rini Tri Ningsih mengatakan inovasi ini dibuat untuk menindaklanjuti salah satu dari 7 program prioritas kerja Jaksa Agung tahun 2021 yaitu “Digitalisasi Kejaksaan untuk sistem kerja yang efisien, transparan, akuntable, dan berbasis teknologi informasi”.

“Sekarang ini sudah saatnya tiap instansi mewujudkan reformasi birokrasi. Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir dalam mewujudkan reformasi birokrasi diawali dengan pencanangan zone integritas menuju wilayah bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” ujarnya.

Dalam pencanangan WBK dan WBBM, Kepala Kejari Inhil mengaku telah melakukan 6 area perubahan yaitu area 1 menejeman perubahan, area 2 penguatan ketatalaksanaan, area 3 penataan manajemen SDM, area 4 penguatan akuntabilitas kinerja , area 5 penguatan pengawasan dan area 6 peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Dalam area 2 penataan tata laksana kejaksaan Negeri Indragiri Hilir telah membuat terobosan baru dengan membuat inovasi aplikasi arsip digital yang diberi dengan branding “DAbRi” yang merupakan kepanjangan dari Digital Arsip by Rini,” ungkap Rini.

Inovasi ini disebutkannya dilatarbelakangi oleh kondisi geografis kabupaten Indragiri Hilir yang rawan kebakaran dan banjir air pasang, sehingga bisa saja terjadi arsip yang merupakan dokumen penting menjadi rusak, hilang atau susah dicari.

“Untuk itulah saya selaku action leader yang kebetulan saat ini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator Tingkat III membuat inovasi aksi perubahan dengan dengan judul ‘Optimalisasi Penertiban Administrasi Kearsipan Melalui Aplikasi DAbRi pada Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir. Yang semula arsip di Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir disimpan didalam sebuah ruangan dan berbentuk kertas yang makin lama makin menumpuk, maka setelah hadirnya aplikasi “DAbRi” ini penyimpanan arsip akan lebih tertata rapi, menghemat tempat dan dari segi kemanan lebih terjamin,” tuturnya.

Melalui aplikasi DAbri ini arsip dapat dicari dengan waktu yang relative singkat hanya dengan hitungan menit saja dengan membuka aplikasi dan login kemudian kita cari arsip apa yang akan kita cari hanya dengan memasukkan kata kunci.

“Perlu saya sampaikan bahwa Aplikasi DAbRi ini dapat terwujud tentu saja bukan merupakan kerja keras saya seorang pribadi, namun juga dukungan dari Tim Efektif Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir, Bapak Kajati Riau Bapak jaja Subagja, mentor kami bapak Wakajati Riau Bapak Daru Tri Sadono dan para asisten kejaksaan Tinggi Riau, serta Coach Kami bapak Gregorius,” sebut Rini.

Lanjutnya, dan tak kalah pentingnya bahwa aplikasi DAbRi ini dapat terwujud karena adanya komunikasi yang efektif kami dalam menjalin hubungan kelembagaan dan jejaring kerja dengan pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Kominfo dan tim IT nya, dan Bank Riau Kepri Cabang Tembilahan. Untuk itulah saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Kabupaten Indragiri Hilir Bapak H. Muhammad Wardan karena melalui Kepala Dinas Kominfo Bapak Tro Beni Putra dan Bapak Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Tembilahan Bapak Hery Saputra, aplikasi DAbRi ini bisa terwujud.

“Harapan kami bahwa aplikasi ini bermanfaat dan bisa dimanfaatkan sampai nanti manakala saya sudah tidak menjabat lagi sebagai kepala Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir. Dan aplikasi DAbRi Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir ini bisa menjadi pilot project yang dapat dikembangkan di satker-satker lain di Kabupaten Indragiri Hilir maupun diluar Kabupaten Indragiri Hilir,” tukasnya.

Reporter : marbun

Pulisher : dimas

REKOMENDASI UNTUK ANDA